Pemkot Sukabumi Melalui DLH, Pengelolaan Sampah Zero Waste dan Zero Emission

Pemkot Sukabumi Melalui DLH, Pengelolaan Sampah Zero Waste dan Zero Emission Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM, KOTA SUKABUMI – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggelar aksi membersihkan sampah di beberapa ruas jalan utama, seperti di Jalan Suryakencana (3/3). Sebelum aksi tersebut dimulai, terlebih dahulu digelar apel siaga HPSN di Balaikota Sukabumi dengan pembinanya Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd.

Dari keterangan yang dihimpuan Sinarpaginews.com, Kepala DLH Kota Sukabumi, Asep Irawan mengatakan dalam laporannya, bahwa peserta aksi bersih-bersih sampah ini mencapai sekitar 400 orang dari berbagai elemen seperti dari unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dari unsur kampus dan unsur lembaga lainnya.

Aksi ini terselenggara berkat kerjasama antara DLH dengan berbagai pihak, diserahkan pula tempat sampah untuk mobil angkutan umum (angkot),” katanya.

Sementara itu Walikota Sukabumi dalam amanatnya pada saat apel siaga menegaskan, bahwa HPSN tahun 2023 ini harus menjadi babak baru pengelolaan sampah dengan tujuan zero waste dan zero emission. Ia menambahkan bahwa dalam pengelolaan sampah Pemerintah Kota Sukabumi telah melakukan beberapa terobosan seperti menghimbau minimarket atau sejenisnya tidak menyediakan kantong plastik dan membiasakan masyarakat membawa kantong sendiri ketika berbelanja.

Ia pun menegaskan, bahwa pengelolaan sampah saat ini mengambil pendekatan circular economy ketika sampah dipandang sebagai bahan baku yang bernilai ekonomis.

“Mari kita tinggalkan sistem skema pembuangan sampah kumpul, angkut, dan buang, kita ubah mind set kita menjadi kumpul, pilah, jual agar sampah dapat bernilai ekonomis.” pungkasnya.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar