Tinjau Lapas Banjarbaru, Kakanwil Kemenkumham Kalsel: Berpotensi Untuk Naik Kelas

Tinjau Lapas Banjarbaru, Kakanwil Kemenkumham Kalsel: Berpotensi Untuk Naik Kelas

SINARPAGINEWS.COM, BANJARBARU – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Selatan (Kalsel), Faisol Ali melakukan kunjungan kerja ke Lapas Kelas IIB Banjabaru, Jum’at (3/3/23). Usai mengikuti kegiatan senam pagi bersama para pegawai, Kakanwil meninjau pelaksanaan tugas dan fungsi yang ada di Lapas Banjarbaru.

Didampingi oleh Amico Balalembang selaku Kepala Lapas Kelas IIB Banjarbaru, Faisol Ali melakukan peninjauan terkait lahan dan bangunan serta sarana dan prasarana di Lapas Kelas IIB Banjarbaru.

Faisol Ali usai berkeliling melihat lingkungan sekitar Lapas mempertimbangkan bahwa perlu adanya perubahan nomenklatur di Lapas Banjarbaru, mengingat lahan dan bangunan serta sarana dan prasarana yang memadai untuk di tingkatkan kelasnya.

Pembangunan Gereja bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Nasrani juga menjadi salah satu masukan yang disampaikan oleh Kakanwil untuk ditindaklanjuti jajaran.

Kakanwil juga meninjau produk-produk hasil kerajinan WBP di Lapas Banjarbaru dan menginstruksikan agar pendaftaran merek terhadap produk-produk tersebut dapat segera dilaksanakan sesuai dengansalah satu target Kanwil Kemenkumham Kalsel di Tahun Merek ini yaitu One Brand One Satker.

“Lapas Banjarbaru sudah cukup memadai untuk dinaikkan kelasnya, mengingat luas lahan dan sarpras yang cukup lengkap. Pembangunan Gereja sebagai salah satu tempat perbadatan WBP Nasrani juga kita akan dorong agar semakin memaksimalkan layanan di Lapas serta kita mendorong pendaftaran merek atas hasil karya WBP yang sudah ada,” ucapnya.

Usai melakukan peninjauan Kakanwil juga memberikan penguatan kepada jajaran pegawai Lapas Kelas IIB Banjarbaru dengan memberikan motivasi melalui cerita perjalanan karirnya sejak awal hingga saat ini menjabat sebagai Kakanwil Kemenkumham Kalsel.

Kakanwil menyampaikan atensi pada Resolusi Kemenkumham Tahun 2023 dan Pembangunan Zona Integritas untuk dilaksanakan jajaran Lapas Banjarbaru.

“Konsep sederhana Resolusi Kemenkumham Tahun 2023 adalah mewujudkan Kemenkumham yang Semakin PASTI dan BerAkhlak, kuncinya ialah bahagia dalam menjalankan tugas agar ikhlas dan tanggung jawab dalam bekerja orientasinya tidak hanya di dunia, namun juga di akhirat,” ucap Faisol.

Terkait pelaksanaan Reformasi Birokrasi dalam rangka pembangunan Zona Integritas, Kakanwil menyampaikan konsep MP5 yang harus diberikan atensi yakni manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan manajemen sumber daya manusia, penguatan akuntabilitas kinerja, penguatan pengawasan dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Kakanwil juga menyampaikan konsep 'B5KB' kepada jajaran Lapas Banjarbaru yaitu Berdoa sebelum bekerja, Bersyukur apa yang kita terima, Berpikir positif, Bekerja maksimal sebelum menuntut hak, Bekerja di dunia berbasis akhirat, dan Komitmen Belajar.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar