Kanwil Kemenkumham Kalsel Bersama Forkopimda Ikuti Apel Kesiapsiagaan Bencana dan Karhutla

Kanwil Kemenkumham Kalsel Bersama Forkopimda Ikuti Apel Kesiapsiagaan Bencana dan Karhutla Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, BANJAR - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan bersama Jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalimantan Selatan mengikuti Apel Siaga Menghadapi Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Provinsi Kalimantan Selatan Serta Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2023. Kegiatan yang diinisiasi oleh Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Selatan tersebut dipimpin langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor pada Rabu (3/5/2023) di Lapangan Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Hijrah Putra Cindai Alus Martapura.

Apel yang juga diikuti oleh seluruh instansi terkait dan relawan pemadam kebakaran ini ditujukan untuk melihat sejauh mana kesiap-siagaan personil serta sarana dan prasarana pemadaman Karhutla yang biasa digunakan untuk melakukan pemadaman ketika saat musim kemarau atau digunakan pada saat terjadinya Karhutla. Dalam apel gabungan tersebut juga terdapat kegiatan simulasi penanggulangan Karhutla yang terdiri dari gabungan personil Kepolisian, Petugas Medis, Relawan Kebakaran dan Instansi Tanggap Bencana.

Gubernur Kalimantan Selatan, H. Syahbirin Noor memberikan atensinya saat memimpin apel.

"Potensi bencana kebakaran akibat gelombang panas musim kemarau ekstrim tahun ini dikhawatirkan dapat menimbulkan kebakaran hutan dan lahan, sehingga diperlukan kesiap-siagaan seluruh jajaran terkait dalam menanggulangi bencana kebakaran baik dari segi sarana dan prasarana maupun kesiapan petugas kita," ujarnya.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan atraksi dari Tim Relawan, Kepolisian, Basarnas dan Tim Medis PMI dalam simulasi pemadaman kebakaran dan pertolongan terhadap masyarakat yang terdampak bencana Karhutla.

Mewakili Kepala Kantor Wilayah Faisol Ali, Kepala Bagian Program dan Humas, Hendy Emil menyampaikan antusiasme atas kegiatan yang telah berlangsung.

"Keikutsertaan seluruh instansi pemerintah dalam hal ini yang mana di dalamnya juga peran Kanwil Kemenkumham Kalsel akan sangat membantu untuk bisa saling berkoordinasi bersama dalam kesiap-siagaan Karhutla di Kalsel sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing," ucapnya.(war/hms).

Editor: A.Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar