Kegiatan Sosialisasi Peningkatan Character Building Anggota DPC Gagak Lumejang Kab.Garut 2023

Kegiatan Sosialisasi Peningkatan Character Building Anggota DPC Gagak Lumejang Kab.Garut 2023 red spn

SINARPAGINEWS.COM, KAB.GARUT - DPC Gagak Lumejang Garut telah menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Peningkatan Character Building anggota DPC Gagak Lumejang Kabupaten Garut pada hari Kamis 1 Juni 2023 yang bertepatan dengan Hari lahirnya Pancasila. Acara dilaksanakan mulai jam 9.30 s/d jam 12.30 dan bertempat di KALAKAY VILLAGE Ds. Sirnagalih, kec. Cisurupan, Kabupaten Garut.

Kegiatan Sosialisasi Peningkatan Character Building tersebut merupakan bentuk kegiatan yang bertolok ukur pada peningkatan sumber daya anggota ormas Gagak Lumejang dalam memahami dan mendalami tujuan didirikannya Ormas Gagak Lumejang. Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan dari seluruh PAC Gagak Lumejang yang telah terbentuk di Kabupaten Garut.

Dan pada kesempatan tersebut hadir pula Perwakilan dari Kesbangpol Kabupaten Garut serta perwakilan dari Dewan Pengurus Pusat ( DPP ) Gagak Lumejang. Dari Kesbangpol diwakili oleh Asep Ertanto, SIP., M.Si selaku Kabid Ketahanan Bangsa, dan dari Pengurus DPP diwakili oleh Rijal Assidiq Mulyana, M.Pd. selaku Wakil Ketua harian DPP Gagak Lumejang.

Kegiatan tersebut diawali dengan bersama menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dan yang bertindak menjadi Dirigen nya adalah Dudun, selaku Ketua PAC Gagak Lumejang Kecamatan Cisurupan. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Teks Pancasila secara bersama-sama yang dipimpin oleh Khoerul Kumail selaku Sekjen DPC Gagak Lumejang Kabupaten Garut.

Dalam sambutannya, Ketua DPC Gagak Lumejang, Asep Holis mengatakan bahwa Butir-butir Pancasila telah menjadi Dasar dari peningkatan Character Building seluruh anggota . “ Anggota ormas Gagak Lumejang harus berperilaku sesuai dengan apa yang ada dalam butir-butir Pancasila”, tandasnya.

Pada kesempatan ini, Asep Ertanto, SIP., M.Si, selaku perwakilan dari Kesbangpol Garut mengemukakan bahwa karakter merupakan nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan tuhan YME dan lingkungan kebangsaan yang berwujud dalam fikiran, sikap, perasaan, perkataaan, perbuatan berdasarkan norma-norma agama, hukum, tata krama, budaya dan adat istiadat.

" Memang Dalam sebuah organisasi karakter ini sangat berpengaruh terhadap jalannya roda organisasi, bagaimana sebuah organisasi ini bisa berjalan tanpa didukung dengan sebuah karakter, sumber daya yang memang untuk memajukan sebuah organisasi?”.Ujarnya.

Lebih lanjut Asep menyampaikan harapannya agar anggota ormas Gagak lumejang khususnya Anggota DPC Kabupaten garut terus bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Garut dalam rangka mewujudkan visi kabupaten Garut yaitu Garut bertaqwa, Maju dan Sejahtera.

“ Mari kita bersama-sama mewujudkan pembangunan di Kabupaten Garut”, tandasnya

Sementara itu, Rijal Assidiq Mulyana, M.Pd. selaku Wakil Ketua harian DPP Gagak Lumejang menekankan agar kepedulian terhadap kebudayaan nusantara dijadikan sebagai salah satu ikhtiar dalam meningkatkan character building anggota ormas Gagak Lumejang.

“Dengan kebudayaan itu bisa membuka tabir sejarah yang telah tertutup sekian lama, dan kebudayaan mendorong manusia untuk saling mencintai, menyayangi bukan hanya kepada sesama namun juga kepada leluhur bangsa”, ujarnya.

Senada dengan itu, Rijal menjelaskan bahwa Gagak Lumejang adalah Organisasi Kemasyarakatan Berbasis Kebudayaan. Gagak Lumejang memiliki pandangan bahwa kebudayaan bukan hanya sekedar hasil cipta, asa, rasa, dan karsa manusia. Namun semua hasil tersebut harus menuju Sang Pencipta. Kebudayaan mendorong manusia untuk saling mencintai, menyayangi bukan hanya kepada sesama namun juga kepada leluhur bangsa.

Lebih lanjut Rijal mengatakan bahwa tujuan di dirikannya organisai Gagak Lumejang ini adalah untuk Meningkatkan partisipasi dan keberdayaan masyarakat, menjaga nilai agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, melestarikan dan memelihara norma, nilai, moral, etika, dan budaya yang hidup dalam masyarakat, mengembangkan sikap gotong royong dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat,

Menggalang kesatuan dan persatuan untuk menciptakan rasa persaudaraan yang lebih akrab secara menyeluruh, Menggalang kesatuan dan persatuan untuk menciptakan rasa persaudaraan yang lebih akrab secara menyeluruh dan Menjaga dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa sehingga dapat mewujudkan tujuan Negara.

“Jangan tanyakan apa yang negara berikan kepada kita, tapi tanyakan apa yang telah kita berikan kepada negara", tandasnya.

Acara diakhiri dengan disematkannya pin anti narkoba kepada 3 orang perwakilan DPC Gagak Lumejang yang tergabung dalam relawan anti narkoba kabupaten Garut. Penyematan dilakukan oleh perwakilan dari Kesbangpol Kabupaten Garut,


Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar