PLN Berkontribusi Pada Peningkatan Ekonomi

PLN Berkontribusi Pada Peningkatan Ekonomi Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, TEGAL - PT PLN (Persero) berkontribusi terhadap peningkatan ekonomi, khususnya perekonomian kerakyatandi Kabupaten Brebes. Soal kelistrikan, ada tiga hal yang perlu dibahas bersama, agar tidak berdampak buruk pada perekonomian. Ketiga hal tersebut yakni tentang masalah supply, kehandalan dan niliai ekonomis atau efisiensi. 

“Brebes sekarang bergerak untuk industri, maka bagaimana Industri di Brebes penggunaan listriknya bisa ekonomis atau efisiensi dalam hal produksinya. Dan sudah barang tentu listrik sudah menjadi komponen yang sangat besar berkontribusi,” kata Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin SH MH saat sambutan Multi Stakeholder Forum (MSF) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) PLN Tegal, di Pendopo Bupati Brebes, Rabu (23/8/2023).

Lanjut Urip, jalinan kerja sama dengan PLN berkaitan dengan pengembangan listrik di Kabupaten Brebes terutama yang berkaitan dengan masalah kemiskinan. Diwujudkan dengan program penyambungan listrik secara gratis untuk keluarga tidak mampu. 

Disampaikan Urip, di Kabupaten Brebes ada 732 Kepala Keluarga (KK) yang rumahnya belum teraliri listrik dan sampai dengan akhir bulan Juli 2023 tinggal 411 KK yang rumahnya belum teraliri listrik. 

"Insya Allah dengan tinggal 411 KK yang miskin ekstrem, bisa teratasi dengan adanya kerjasama antara pemkab, PLN, Pemprov, serta stakeholder lainnya,” tutur Urip.

Urip berharap, dengan terbangunnya jaringan listrik murah di keluarga-keluarga miskin, agar tetap diteruskan. Dan pastikan supply listrik di Kabupaten Brebes tetap terjaga dengan optimal. 

Manager PLN UP3 Tegal Aditya Darmawan mengatakan, forum yang diadakan sekali dalam setahun ini mengumpulkan semua stakeholder atau pemangku kepentingan. Tahun ini diselenggarakan di Kabupaten Brebes dengan goal atau sasaran utamanya adalah meningkatkan perekonomian masyarakat. PLN UP3 Tegal akan berusaha menggali investor baru dan investor existing untuk mencapai sasaran itu. 

"Dengan MSF, diharapkan ada investor yang masuk ke Brebes sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat dan bisa mengurangi pengangguran," kata Aditya.

Aditya menjelaskan, penggunaan listrik di Brebes dalam satu tahun terakhir mengalami peningkatan 3,9 persen. Hal itu menandakan adanya peningkatan produktivitas masyarakat. 

PT PLN Persero, lanjut Aditya, juga membuka program Light Up The Dream (LUTD) atau program sambungan listrik gratis yang disalurkan kepada keluarga tidak mampu. Secara simbolis diserahkan kepada 86 rumah warga yang tersebar di seluruh wilayah kerja PLN UP3 Tegal. 

“Kami menambah 10 keluarga di wilayah kabupaten Brebes yang sekarang masih dalam proses. Program ini adalah hasil donasi dari pegawai PLN dan stakeholder PLN untuk keluarga kurang mampu,” ungkap Aditya.

Pembukaan MSF ditandai dengan pemukulan gong oleh Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin, didampingi jajaran Forkopimda, Manager UP3 Tegal dan Manager Pemasaran UP3 Tegal. 

Turut hadir jajaran Forkopimda Kabupaten Brebes, Manager PLN UP3 Tegal, Asisten Manager Pemasaran UP3 Tegal, Asisten Sekda, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Ketua APINDO Brebes, serta tamu undangan lainnya.(hid/hms).

Editor: A.Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar