Bakesbangpol Indramayu Sosialisasikan Pemilih Pemula Guna Sukseskan Pemilu 2024

Bakesbangpol Indramayu Sosialisasikan Pemilih Pemula Guna Sukseskan Pemilu 2024 Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, INDRAMAYU – Badan Kesatuan Kebangsaan dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Indramayu melaksanakan kegiatan kebijakan teknis dan pemantapan pelaksanaan bidang pendidikan politik yang diselenggarakan di Aula SMA Negeri 1 Indramayu pada Rabu (30/08/2023).

Kegiatan tersebut diikuti oleh para siswa dan siswi dari 53 sekolah menengah atas dan sederajat yang berada pada Daerah Pemilihan I (Dapil I) Kabupaten Indramayu.

Sosialisasi Pendidikan Politik bagi pemilih pemula tersebut sebagai upaya meningkatkan “Peranan Generasi Muda Dalam Memperkuat Demokrasi Guna Menyukseskan Pemilu Dan Pilkada serta Pileg 2024”.

Hadir Plt Kepala Bakesbangpol Indramayu, Suwenda memberikan sambutan serta membuka kegiatan. Selain itu hadir pula Kepala Bidang Politik Negeri dan Organisasi Kemasyarakatan Bakesbangpol, Agus Rohani, Perwakilan Bagian Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Indramayu, Perwakilan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indramayu, Dewi Nurmalasari, Perwakilan Bawaslu Indramayu, Ivan Sagito dan Sekretaris Ketua Pengadilan Agama, Nurul Hakim.

Dalam sambutannya, Plt Kepala Bakesbangpol, Suwenda mengharapkan agar kehadiran para siswa dan siswi tersebut dapat memahami dan menyampaikan hasil materi sosialisasi tersebut kepada teman-teman melalui OSIS, keluarga dan saudaranya.

“Mohon nanti rekan-rekan, dapat paham dan dapat di sebarluaskan hasil kehadiran adik-adik di sini kepada teman-temannya, keluarganya dan saudara-saudaranya,” harapnya.

Selanjutnya perwakilan dari KPU Indramayu, Dewi Nurmalasari menjelaskan terkait siswa-siswi yang baru memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) dalam melakukan pengecekan Daftar Pemilih Tetap (DPT) secara daring.

“Untuk adik-adik yang mau mengecek data dirinya sudah menjadi DPT atau belum, bias melalui cekdptonline.kpu.go.id dengan memasukkan NIK-nya,” ujarnya.

Kemudian perwakilan Bawaslu Indramayu, Ivan Sagito menjelaskan peranan dan tugas Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) merupakan mengawasi keseluruhan jalannya pelaksanaan Pemilu, serta Sekretaris Ketua Pengadilan Agama, Nurul Hakim juga menjadi pemateri dalam kegiatan tersebut.

Sekretaris Ketua Pengadilan Agama, Nurul Hakim berpesan agar para pelajar selaku generasi muda di Indramayu memiliki sikap yang dapat memperkuat demokrasi.

“Sikap generasi muda khususnya di Indramayu ini dapat perkuat demokrasi dengan menyukseskan Pilkada dan Pemilu 2024, Ingat Golput bukan solusi dan suara adik-adik dapat menentukan masa depan bangsa,” Ujarnya. 

Editor: Haris Rojangi

Bagikan melalui:

Komentar