Gebyar Budaya Religi Meriahkan Harlah Yaumi Kabupaten Tegal Ke-35

Gebyar Budaya Religi Meriahkan Harlah Yaumi Kabupaten Tegal Ke-35 Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, TEGAL - Gebyar Budaya Religi seperti lomba Qosidah Rebana, lomba Terbang Jawa dan dan lomba Kuntulan dalam rangka hari lahir Yayasan Amal Umat Islam (YAUMI) mendapat respon yang luar biasa dari peserta lomba dan warga masyarakat.

 Acara yang berlangsung pada 9 - 10 September 2023 bertempat di Gedung Yaumi Center Kabupaten Tegal. Dalam rangkaian acara tersebut juga itu diadakan pelantikan Paguyuban Kuntulan Kabupaten Tegal Periode 2023 – 2025, Sabtu (9/9/2023).

Bupati Tegal dalam sambutan yang dibacakan oleh Kepala Dinas Porapar, Akhmad Uwes Quroni menyampaikan ucapan selamat dan sukses Harlah Yayasan Amal Umat Islam (YAUMI) Kabupaten Tegal ke-35, serta mengapresiasi dan mengharapkan agar YAUMI ke depan semakin maju.

“Terkait Gebyar Budaya Religi kami berharap agar kesenian - kesenian tradisional yang ada di desa-desa terus berkembang sebagai potensi desa dan daerah yang luar biasa,” kata Uwes.

Sementara Wakil Ketua YAUMI Agus Subagyo menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bupati Tegal, Forkopimda, para Kepala OPD, instansi vertikal, Camat dan seluruh warga masyarakat yang selama 35 tahun membersamai YAUMI dan menyalurkan sodaqoh lewat YAUMI untuk kepentingan umat Islam.

“Khusus perbaikan dan pembangunan tempat - tempat ibadah dan sarpras umat Islam lainnya, kedepan Pengurus YAUMI menghimbau kepada seluruh umat Islam Kabupaten Tegal untuk meningkatkan sodaqoh melalui YAUMI,” kata Agus subagyo.

YAUMI disamping membantu penyaluran sodaqoh lewat kecamatan, juga telah selesai  membangun Masjid Al Ikhlas di Desa Pagiyanten Kecamatan Adiwerna, yang juga akan dibangun Rumah Tahfid Qur'an dan Yatim Piatu di lokasi yang sama. 

Gelaran lomba yang meramaiakan Gebyar Budaya Religi seperti lomba Qosidah Rebana diikuti 15 grup peserta, lomba Terbang Jawa diikuti 15 grup dan lomba Kuntulan diikuti 19 grup. Grup Qosidah Rebana Al Manan Kalijurang Tonjong Kabupaten Brebes menjadi juara satu, juara dua An Nuriyah Margapadang Kecamatan Tarub dan juara tiga Al Wardah Dukuhwaru.

Sementara itu juara satu lomba Terbang Jawa diraih Grup Terbang Jawa Al Muhibbin Ujungrusi Kecamatan Adiwerna, juara dua An Nur Langgen Kecamatan Talang dan juara tiga Jamiyah Baiturrohman Ujungrusi Kecamatan Adiwerna.

Grup Kuntulan Kuda Laut Dermasandi Kecamatan Pangkah menjadi juara satu lomba Kuntulan, juara dua Bintang Galas Dukuh Tengah Kecamatan Bojong dan juara tiga Perisai Hati Tembok Luwung Kecamatan Adiwerna. Para pemenang lomba mendapatkan piagam, plakat dan uang pembinaan group.(hid/kus).

Editor: A.Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar