Humas Bapas Smrang Mita: Laksanakan Litmas Perawatan Tahanan

PK Bapas Semarang Rekomendasikan Perawatan Kesehatan Mental

PK Bapas Semarang Rekomendasikan Perawatan Kesehatan Mental red spn

SINARPAGINEWS.COM, SEMARANG - Permohonan penelitian kemasyarakatan (litmas) di Bapas Kelas I Semarang terus mengalami lonjakan. Tak hanya litmas untuk program reintegrasi sosial, namun litmas untuk perawatan tahanan juga mulai dimohonkan oleh Lapas/Rutan di wilayah kerja Bapas Semarang.

Pada Kamis (16/11/2023) Pembimbingan Kemasyarakatan Puguh Setyawan Jhody melaksanakan penggalian data dalam rangka litmas perawatan tahanan di Lapas Perempuan Semarang. Litmas ini dilaksanakan berdasarkan ketentuan Pasal 20 ayat (5) Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan yang menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan pelayanan tahanan dilakukan berdasarkan hasil litmas.

"Litmas perawatan tahanan ini untuk melihat kebutuhan klien, mulai dari kebutuhan perawatan kesehatan, jasmani, rohani, dan pemenuhan hak-hak tahanan" ujar Puguh

Dari hasil penggalian data yang dilakukan kepada salah satu tahanan kasus Narkotika didapati bahwa tahanan tersebut membutuhkan perawatan kesehatan mental karena ia mengalami stres karena menjalani proses hukumnya.

"Saya belum bisa menerima kasus yang menimpa saya, saya capek, saya kepikiran keluarga dan saya ingin mendapatkan keadilan" ujar tahanan FIP

PK Bapas terus berusaha menggali kebutuhan klien, hingga didapatkan kesimpulan bahwa klien membutuhkan perawatan kesehatan mental oleh tenaga ahli.

"Kami akan rekomendasikan tahanan mendapat perawatan kesehatan mental dari tenaga ahli, seperti Psikolog sehingga nantinya dapat menjalani proses hukum dengan baik" lanjut Puguh

Tak lupa juga PK Bapas merekomendasikan agar tahanan dipenuhi hak-haknya sebagai tahanan sesuai dengan ketentuan Pasal 7 UU Pemasyarakatan.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar