Active Case Finding (ACF) Tuberkulosis Di Lapas Perempuan Martapura

Active Case Finding (ACF) Tuberkulosis Di Lapas Perempuan Martapura red spn

SINARPAGINEWS.COM, MARTAPURA – Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II A Martapura bekerjasama dengan Tirta Medical Center (TMC) melakukan kegiatan skrining Active Case Finding (ACF) Tuberkulosis (TBC) pada hari Jumat (24/11/2023).

Kegiatan Skrining ACF TBC dengan Intervensi Chest X-Ray Tahun 2023 bagi Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Perempuan Martapura bekerjasama dengan pendampingan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar dan Puskesmas Martapura I.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Dirwatkeshab Ditjenpas Kemenkumham RI No. PAS.06-PK.06.07-710 tentang Skrining TBC dengan Intervensi Rontgen Dada yang bertujuan untuk mengoptimalkan angka penemuan kasus TBC secara aktif dan masif pada kelompok komunal yg berisiko tinggi/rentan terhadap penularan/penyebaran di dalam komunitas khususnya Lapas/Rutan.

Nurul Kiptiyah, Kepala Seksi Pembinaan Narapidana dan Anak Didik mengungkapkan bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan selama selama 3 hari dari tanggal 24, 27 dan 28 November 2023 dengan target 562 WBP. “Untuk hari pertama (24/11), telah dilakukan pemeriksaan Xray untuk 206 orang warga binaan di Lapas Perempuan Martapura. Terimakasih untuk jajaran Klinik Pratama Lapas Perempuan Martapura serta Tim Vendor X-Ray Tirta Medical Center (TMC), Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, dan Puskesmas Martapura I atas bantuan dan dukungan selama kegiatan ini berlangsung,” tukas Nurul Kiptiyah.

Sebelumnya, Petugas Klinik Pratama Lapas Perempuan Martapura telah melakukan skrining gejala pada tanggal 17-23 November 2023. Kegiatan berlangsung dengan tertib, serta berlangsung dengan aman dan lancar.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar