Pemkot Bandung Akselerasi Perekaman KTP-el Saat Libur Panjang

Pemkot Bandung Akselerasi Perekaman KTP-el Saat Libur Panjang Red

SINARPAGINEWS.COM, KOTA BANDUNG - Untuk mengoptimalkan partisipasi pemilih, Pemerintah Kota Bandung terus mengakselerasi perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) bagi pemilih pemula di Kota Bandung. Salah satunya melalui perekaman KTP-el weekend service yang dilakukan di 30 kantor kecamatan.

Selain itu, ada pula perekaman jemput bola hingga memberikan pelayanan perekaman KTP-el di Disdukcapil dan 6 Gerai.

Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono meninjau langsung pelayanan weekend service di Kecamatan Ujungberung, Kecamatan Antapani dan Kecamatan Sukajadi, Sabtu 10 Februari 2024.

Bambang menyebut, perekaman KTP-el bagi pemilih pemula untuk melengkapi data pemilih pada Pemilu dan Pilkada Serentak 2024. Sehingga Pelajar atau remaja yang sudah genap berusia 17 tahun saat Pemilu 2024 nanti bisa ikut berpartisipasi dalam menyalurkan hak pilihnya.

"Perekaman KTP-el sebagai bentuk pemenuhan atas identitas kependudukan bagi warga Kota Bandung, sekaligus bertujuan untuk melengkapi data pemilih pemula pada Pemilu dan Pilkada serentak 2024," kata Bambang.

Untuk terus memaksimalkan perekaman, Ia mengatakan perekaman KTP-el pemula ini dilakukan sampai hari H pemilu, di tanggal merah, dan akhir pekan.

Bambang mengajak masyarakat Kota Bandung yang terdata sebagai pemilih pemula untuk segera melakukan perekaman dengan mengunjungi kantor kecamatan sesuai lokasi atau ke gerai-gerai yang disiapkan.

"Ini akan terus dimaksimalkan, selama waktu libur kita terus berjalan. Sabtu Minggu Senin Selasa ini kita optimalkan," ujarnya.

Sementara itu, Camat Antapani, Rahmawati Mulia mengatakan, daftar pemilih pemula di Kecamatan Antapani yang menjadi target perekaman ada sekitar 400 orang.

Ia menyebut, untuk memaksimalkan perekaman bersama RW mengirimkan undangan "by name by adress" bagi para pemilih untuk melakukan perekaman KTP-el.

Selain itu, ia pun menambah jam operasional pada hari kerja pada tanggal 12 sampai 13 Februari 2024 sampai malam hari agar memudahkan masyarakat yang akan melakukan perekaman.

"Semoga dengan berbagai upaya ini dapat terlaksana dengan maksimal," ujarnya.

Perekaman KTP-el weekend service disambut antusias masyarakat. Dalah satunya diungkapkan Nova (17) warga Kecamatan Ujungberung. Ia mengatakan perekaman di hari libur sangat membantu karena tidak mengganggu jadwal sekolahnya.

"Sekolah mengimbau kita buat rekam KTP. Alhamdulillah ini ada pelayanan di hari Sabtu, sangat membantu. Akhirnya nanti bisa nyoblos untuk pertama kali," katanya.

Hal senada juga dikatakan Maitsa (16) warga Kelurahan Antapani Kidul Kecamatan Antapani. Menurutnya, perekaman KTP-el yang dilakukan di kecamatan Antapani cepat dan efektif.

"Alhamdulillah tadi prosesnya cepat. Ini pertama kalinya saya melakukan perekaman KTP. Ini untuk syarat memilih juga nanti," katanya. 

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar