BKPSDM Gelar Pembekalan Bagi PNS Yang Memasuki Masa Purna Tugas

BKPSDM Gelar Pembekalan Bagi PNS Yang Memasuki Masa Purna Tugas Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, TEGAL - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) menggelar Pembekalan Bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Menjelang Purna Tugas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tegal di Pendopo Amangkurat Kabupaten Tegal, Selasa (20/2/2024).

Kegiatan pembekalan tersebut bertujuan untuk mempersiapkam PNS yang akan memasuki masa purna tugas agar mampu menyesuaikan diri dan menerima perubahan lingkungan, memotivasi serta memberikan bekal ketrampilan sebagai bekal mereka agar bisa membuat perencanaan kegiatan positif saat memasuki masa purna.

Penjabat (Pj) Bupati Tegal dalam sambutan tertulis yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Amir Mahmud menyampaikan bahwa data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan, 93 persen tenaga kerja di Indonesia tidak memiliki mimpi saat memasuki masa pensiun.

Terdapat 120 juta penduduk Indonesia yang saat ini terkategori usia produktif, tapi hanya 3,3 juta orang atau 5,34 persennya yang memiliki program pensiun, termasuk di dalamnya para PNS, Jelas Amir Mahmud.

Amir Mahmud menuturkan bahwa pembekalan ini sangat penting karena dapat membangun rasa optimisme serta rasa percaya diri untuk memasuki dan menjalani masa pensiun dengan perasaan suka cita serta mengisi hari-hari tuanya dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat.

Kekhawatiran dengan hilangnya sumber pendapatan bagi PNS bisa memanfaatkan aset sebagai sumber pendapatan untuk menggantikan arus kas yang telah hilang setelah purna, ujar Amir Mahmud.

Amir Mahmud juga menambahkan bahwa memasuki masa purna bukanlah hal yang harus ditakutkan. Dengan langkah-langkah awal dan mental yang disiapkan untuk memasuki masa purna tentunya akan meringankan beban di masa purna sehingga kita hanya perlu mengisi hari dengan hal-hal yang positif dan menyenangkan.

Kepala BKPSDM Mujahidim melaporkan, kegiatan pembekalan ini diikuti sejumlah 400 PNS yang akan memasuki purna tugas tahun 2025.

Jumlah PNS yang akan memasuki purna tugas diantaranya ada 251 orang guru, 17 orang tenaga kesehatan, 30 orang penjabat struktural, delapan penjabat fungsional dan 94 orang pejabat pelaksana, terang Mujahidim.

Mujahidim menambahkan bahwa kegiatan pembekalan ini dilaksanakan selama tiga hari, pada tanggal 20 Februari 2024 diikuti sejumlah 150 PNS, 21 Februari 2024 diikuti sejumlah 150 PNS dan 22 Februari diikuti sejumlah 100 PNS.

PNS yang menjelang purna tugasnya dibekali materi mengenai hal ketaspenan oleh PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang Pekalongan, pembekalan Rumah Pangan Lestari oleh penyuluh pertanian dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Tegal serta pembekalan motivasi dan kesiapan mental dimasa purna tugas oleh Psikolog dari UPT Peningkatan Kompetensi BKPSDM Kabupaten Tegal.(hid/kus)

Editor: A.Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar