Diskar PB Kota Bandung menyabet Juara 1 Penghargaan National Fire Fighter Skill Competition 2024

Diskar PB Kota Bandung menyabet Juara 1 Penghargaan National Fire Fighter Skill Competition 2024 Red

SINARPAGINEWS.COM, KOTA BANDUNG - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung menyabet Juara 1 kategori Survival pada National Fire Fighter Skill Competition (NFSC) 2024 di Kota Surabaya.

NFSC merupakan kompetisi keterampilan aparatur pemadam kebakaran dan penyelamatan (DPKP) dalam menyambut HUT ke-105 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Nasional. Sebanyak 50 kabupaten/kota di Indonesia ikut berkompetisi pada tiga jenis perlombaan, yakni kategori Survival, Ladder Pitching, dan Hose Laying di Politeknik Penerbangan Surabaya pada 27-29 Februari 2024

Selain menyabet Juara 1 pada kategori Survival, Diskar PB Kota Bandung juga meraih Juara Harapan 1 pada kategori Ladder Pitching.

Kepala Diskar PB Kota Bandung, Gun Gun Sumaryana menyambut positif torehan prestasi tersebut. Menurutnya, prestasi ini merupakan kerja keras dan kekompakan tim Diskar PB Kota Bandung.

"Alhamdulillah dari tiga kategori, kami mendapat juara 1 pada kategori survival," ujar Gun Gun di Lapangan Kodam Brawijaya, Jalan Raden Wijaya Surabaya, Jumat 1 Maret 2024.

"Secara umum lomba ini memperlihatkan teknik penyelamatan dan juga pemadaman," katanya menambahkan.

Lebih lanjut, Gun Gun mengatakan, keberhasilan Diskar PB Kota Bandung meraih juara pada momen peringatan HUT ke-105 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Nasional menjadi refleksi untuk peningkatan kemampuan dan layanan kepada masyarakat. Khususnya terkait kebakaran dan penanggulangan bencana.

"Kuncinya dalam proses pemadaman atau penyelamatan, kita pun harus hati-hati. Dan kita harus selamat. Ini menjadi motivasi bagi rekan-rekan Diskar PB atau Damkar Indonesia, khususnya Kota Bandung, dalam memperhatikan aspek tadi (kewaspadaan dan keselamatan dalam penanganan kebakaran atau bencana)," bebernya.

Gun Gun juga menyebut, Diskar PB Kota Bandung memiliki standar penanganan kebakaran pada waktu 15 menit. Ia juga memastikan kinerja Diskar PB Kota Bandung yang terus terjaga, sehingga penanganan kebakaran di Kota Bandung tak pernah lebih lama dari standar tersebut.

"Respond time kita 15 menit. Alhamdulillah, sejauh ini kami selalu menyelesaikan dan menangani respond time lebih cepat dari waktu tersebut," tuturnya.

Sebagai informasi pula, Diskar PB Kota Bandung mengirim pasukan untuk mengikuti ketiga kategori pada NFSC 2024. Di babak penyisihan, dua dari tiga kategori (Survival dan Ladder Pitching) dinyatakan lolos ke babak final. Keduanya pun lantas mendapat predikat Juara 1 (Survival) dan Juara Harapan 1 (Ladder Pitching).

Atas pencapaian tersebut, Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono menyampaikan apresiasi. Menurutnya, kolaborasi, kekompakan, dan daya juang tinggi adalah modal kuat Pemkot Bandung dalam memberikan pelayanan maksimal untuk masyarakat.

"Selamat untuk tim Diskar PB atas penghargaannya. Ini menurut kami sangat luar biasa. Meski begitu, penghargaan ini harus menjadi motivasi untuk meningkatkan performa serta pelayanan bagi masyarakat," pesan Bambang. 

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar