Brebes Raih BUMD Awards 2024 Bintang 5

Brebes Raih BUMD Awards 2024 Bintang 5 Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, BREBES - Ajang penghargaan paling bergengsi dan terbesar bagi para pelaku BUMD di Indonesia, yakni TOP BUMD Awards 2024 kembali digelar di hotel Raffles Jakarta, Rabu, (20/3/2024). Dalam ajang tersebut, Kabupaten Brebes mendapat tiga penghargaan yang diraih Perumda Air Minum Tirta Baribis Brebes berupa penghargaan Top BUMD Awards 2024 level bintang 5. Penghargaan diserahkan Plh Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Horas Maurits Panjaitan dan diterima Sekda Brebes Ir Djoko Gunawan MT, Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Baribis Agus Isyono SE MM dan Dewan Pengawas Abdul Majid MT.

Kabupaten Brebes mendapatkan tiga penghargaan berupa kategori BUMD, CEO BUMD, dan Pembina BUMD Top Award Level 5.

Selaku Pemerintah Daerah, Djoko mengaku bangga dan gembira karena Perumda Air Minum Tirta Baribis telah menunjukan kinerjanya. Penghargaan ini juga diharapkan bisa memicu BUMD lain di Brebes agar semakin meningkat kinerja dan pelayanannya.

"Penghargaan ini, semoga bisa menambah gairah peningkatan kinerja manajemen dan karyawan serta peningkatan pelayanan prima kepada pelanggan air minum Tirta Baribis," ujar Sekda usai menerima penghargaan mewakili Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar SH MHum.

Penghargaan tahunan yang digelar sejak 2016 ini diselenggarakan MajalahTop Businessbekerja sama dengan Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) serta beberapa lembaga, asosiasi, dan konsultan bisnis. Kegiatan ini juga didukung oleh Kementerian Dalam Negeri RI.


Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Baribis Agus Isyono menjelaskan, penghargaan BUMD Awards telah diterima Kabupaten Brebes sebanyak 7 kali dari 9 kali penyelenggaraan. Dan untuk level 5 sudah dua kali. "Kami menargetkan bisa meraih Golden Award, yang tentunya akan dibarengi dengan peningkatan kinerja dan pelayanan terbaik," tekad Agus.

Tidak hanya itu, pihaknya akan berinovasi dengan penguatan digitalisasi perusahaan.

Selain penghargaan di atas, Perumda Air Minum Tirta Baribis banyak meraih prestasi dan penghargaan, yakni sebelumnya juga selama 5 kali meraih BUMD Award bintang 3, bintang 4 dan bintang 5. Kemudian meraih kinerja terbaik ke-4 tingkat provinsi Jateng dan kinerja terbaik ke 17 tingkat nasional dari Persatuan Perusahaan Air Minum Se Indonesia (Perpamsi).

Selain itu, salah satu keberhasilan Perumda Tirta Baribis Kabupaten Brebes yaitu mampu meningkatkan cakupan layanan dengan melakukan sejumlah terobosan dan inovasi. Berdiri sejak tahun 1992, PDAM Tirta Baribis telah melayani lebih dari 3 dekade dalam memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat Kabupaten Brebes.

Di tahun 2024 ini, lanjut Agus, bertekad meningkatkan produksi air dengan relokasi Sumber Air Tuk Uleng Sirampog dan Pembangunan SPAM Bendung Kuningan yang keduanya bisa memproduksi air 200 liter/detik.

Sesuai dengan filosofis BARIBIS yaitu; Bersih, Adaptasi, Ramah, Integritas, Bijak, Intelektual dan Sehat, kami bertekad memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan, pungkas Agus.

Tema yang diambil dalam TOP BUMD Awards 2024 adalah Penguatan Tata Kelola dalam Membangun Kinerja Bisnis dan Layanan BUMD.


Ketua Penyelenggara TOP BUMD Awards 2024 M Lutfi Handayani menyatakan, TOP BUMD Awards merupakan kegiatan pembelajaran dan penghargaan kinerja BUMD yang terbesar dan paling membanggakan, yang diberikan terbaik di Indonesia.

Melalui kegiatan ini, diharapkan setiap BUMD, dapat terpacu untuk selalu berprestasi dan berperan penting dalam pembangunan daerah dan perekonomian nasional, ujar Lutfi.


Menurut Lutfi, kegiatan TOP BUMD Awards 2024 ini dilakukan untuk mendukung program dan kebijakan Kementerian Dalam Negeri RI, karena sejalan dengan arah dan kebijakan Pemerintah untuk mempercepat peningkatan kinerja BUMD dan pembangunan perekonomian di daerah.

Kata Lutfi, penilaian meliputi wawancara dan penjurian pada 10 Januari hingga 8 Maret 2024.

Menurut Lutfi, ada beberapa kriteria penilaian kepada para finalis TOP BUMD Awards 2024 ini. Pertama adalah pencapaian kinerja bisnisnya, baik dan bekelanjutan (achievement). Selain itu, perusahaan terus melakukan perbaikan (improvement/inovasi), berkontribusi besar dalam pembangunan daerah, dan terakhir memiliki tata kelola perusahaan yang baik.

Selaku Ketua Dewan Juri TOP BUMD Awards 2024 ini adalah Prof. Dr. Djohermansyah Djohan, MA yang juga Mantan Dirjen OTDA Kemendagri RI dan Presiden i-OTDA.

Berdasarkan data penyelenggara, TOP BUMD Awards tahun 2024 diikuti oleh 225 BUMD dari total sekitar 1.056 BUMD di Indonesia.
(Hid/was)

Editor: A.Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar