Semarak Sambut HBP ke-60, Lapas Cipinang Gelar Kegiatan Penyuluhan Kesehatan

Semarak Sambut HBP ke-60, Lapas Cipinang Gelar Kegiatan Penyuluhan Kesehatan Dok Humas Lapas Kelas I Cipinang Selenggarakan Penyuluhan Kesehatan, .

SINARPAGINEWS.COM, JAKARTA - - Dalam rangka menyambut Hari Bakti Pemasyarakatan ke-60 Tahun 2024, Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Cipinang menyelenggarakan kegiatan Penyuluhan Kesehatan, Rabu, (17/04).

Dengan menggandeng langsung JFT Penyuluh Kesehatan Masyarakat Ahli dari Suku Dinas Kesehatan Kota Jakarta Timur dan JFT Penyuluh kesehatan dari Puskesmas Jatinegara, kegiatan yang berlangsung di Aula Gazebo Lapas Kelas I Cipinang ini diikuti oleh pada warga binaan Lapas Kelas I Cipinang.

Mewakili Kepala Lapas Kelas I Cipinang, Moh. Fadil selaku Kepala Bidang Pembinaan Narapidana turut memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan Penyuluhan Kesehatan yang merupakan salahsatu rangkaian kegiatan Pemasyarakatan Sehat dalam rangka Hari Bakti Pemasyarakatan ke-60. 

Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan melalui proses penyadartahuan yang menjadi awal dari kontribusi individu – individu dalam menjalani perilaku kehidupan sehari – hari yang bersih dan sehat. Tentunya Hal tersebut guna meningkatkan kesadaran warga binaan Lapas Kelas I Cipinang untuk bisa mencegah dan menanggulangi masalah kesehatan.

“Mencegah lebihbaik daripada Mengobati. Oleh karena itu, mari bersama kita tingkatkan kepedulian kita akan hidup bersih dan sehat. Jaga kebersihan kingkungan sekitar kita, mari saling mengingatkan satusama lain”, tutup Fadil.

Selanjutnya, Dadang Suhermawan selaku JFT Penyuluh Kesehatan Masyarakat Ahli dari Suku Dinas Kesehatan Kota Jakarta Timur beserta Ernawati selaku JFT Penyuluh kesehatan dari Puskesmas Jatinegara penyuluhan kesehatan tentang PHBS (Perilaku Hidup Bersih & Sehat) secara langsung kepada warga binaan Lapas Kelas I Cipinang.

Dalam paparannya, mereka menyampaikan bahwa Perilaku Hidup bersih dan sehat (PHBS) merupakan langkah yang harus dilakukan untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal bagi setiap orang. 

“Kondisi sehat tidak serta merta terjadi, tetapi harus senantiasa diupayakan dari yang tidak sehat menjadi hidup yang sehat serta menciptakan lingkungan yang sehat. Contohnya seperti menjaga kebersihan tubuh dengan mandi teratur, mencuci pakaian kotor, membersihkan kamar tidur, mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur, dll”, ujar Dadang.

Sebelum menutup paparannya, Dadang san Erna berharap agar warga binaan yang hari ini mengikuti penyuluhan untuk bisa saling sahring kepada warga binaan lainnya terkait penerapan Perilaku hidup bersih & sehat.

 

Editor: Chairul

Bagikan melalui:

Komentar