Peringati Hari Otda, Pj Bupati : Perkokoh Komitmen dan Tanggung Jawab Pembangunan Berkelanjutan

Peringati Hari Otda, Pj Bupati : Perkokoh Komitmen dan Tanggung Jawab Pembangunan Berkelanjutan Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, TEGAL - Pemerintah Kabupaten Tegal menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 di Halaman Sekretariat Daerah Kabupaten Tegal, Kamis (25/4/2024).


Dalam sambutan Menteri Dalam Negeri yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Suspriyanti selaku inspektur upacara menyampaikan bahwa Peringatan Hari Otonomi Daerah tahun 2024 mengusung tema Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat.


“Tema ini dipilih untuk memperkokoh komitmen, tanggung jawab dan kesadaran seluruh jajaran Pemerintah Daerah akan amanah serta tugas untuk membangun keberlanjutan dalam pengelolaan SDA dan lingkungan hidup,” kata Suspriyanti.


Lanjutnya, otonomi daerah dirancang untuk mencapai dua tujuan utama termasuk di antaranya tujuan kesejahteraan dan tujuan demokrasi.


“Dari segi tujuan kesejahteraan, desentralisasi diarahkan untuk memberikan pelayanan publik secara efektif, efisien dan ekonomis serta pemanfaatan potensi sumber daya alam yang bijak dan berkelanjutan," imbuhnya.


Sedangkan dari segi tujuan demokrasi, sambungnya, kebijakan desentralisasi menjadi instrumen pendidikan politik di tingkat lokal yang mempercepat terwujudnya masyarakat madani.


"Kebijakan desentralisasi juga diharapkan dapat memperbaiki tata hubungan pusat-daerah sehingga menjadi lebih proporsional, harmonis dan produktif dalam rangka penguatan persatuan dan kesatuan bangsa," tuturnya.


Suspriyanti juga menambahkan, bahwa dalam konteks yang merupakan salah satu dari enam strategi transformasi ekonomi Indonesia untuk mencapai visi 2045, kebijakan desentralisasi memberikan ruang bagi Pemerintah Daerah untuk melakukan pengelolaan sumber daya alam secara lebih efisien dan berkelanjutan.


"Dengan menggabungkan kebijakan otonomi daerah yang berfokus pada pembangunan ekonomi hijau, kita dapat menciptakan dampak positif bagi lingkungan, perekonomian secara keseluruhan," pungkasnya.


Upacara peringatan hari Otonomi Daerah ini juga dihadiri para Staf ahli Bupati, Asisten Sekda, Kepala OPD dan diikuti segenap jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan sekretariat Daerah, dinas, badan dan Satpol Kab Tegal.(hid/hms).

Editor: A.Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar