Wamenhan RI M. Herindra, Menghadiri Resepsi Peringatan The ANZAC Day

Wamenhan RI M. Herindra, Menghadiri Resepsi Peringatan The ANZAC Day Red

 JAKARTA - Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) M. Herindra menghadiri Military Attache Corps ANZAC Reception for the Defense Forces of Australia and New Zealand, di West Java Ballroom, Westin Hotel, Rasuna Said, Jakarta (26/4). Acara tersebut merupakan perjamuan untuk memperingati Hari ANZAC (ANZAC Day) yang sebenarnya jatuh pada tanggal 25 April 2024.

Kehadiran Wamenhan M. Herindra disambut oleh Duta Besar Australia untuk Indonesia, Penny Williams, dan Duta Besar New Zealand untuk Indonesia, Col (Ret) Kevin Burnett, beserta Atase Pertahanan Australia, BRIG Matt Campbell; dan Atase Pertahanan Selandia Baru, Col Grant Morris.

Kedatangan Wamenhan M. Herindra pada resepsi peringatan the ANZAC Day ini merupakan bentuk penghormatan terhadap jalinan kerja sama bilateral pertahanan yang baik antara Indonesia, Australia, dan Selandia Baru.

ANZAC Day merupakan Hari Nasional di Australia dan Selandia Baru untuk mengenang semua warga Australia dan Selandia Baru yang telah bertugas dan gugur dalam seluruh perang dan konflik — dimana kedua negara turut mengambil peran menjalankan misi operasi guna menjaga perdamaian; serta mengenang penderitaan dari mereka yang telah bertugas.

Sejarah ANZAC Day berkenaan dengan peristiwa pendaratan tentara Australia dan Selandia Baru di Gallipoli, Turkiye, pada tanggal 25 April 1915, yang menimbulkan korban ribuan jiwa tentara Australia dan Selandia Baru.

Berdasarkan peristiwa bersejarah tersebut, selanjutnya tanggal 25 April ditetapkan dan diperingati sebagai Hari ANZAC.

Turut hadir dalam acara resepsi peringatan the ANZAC Day adalah Plt. Sekjen Kemhan, Kasum TNI, dan perwakilan dari Pejabat Kemhan, Mabes TNI, Mabes AD, Mabes AL, Mabes AU, Bais, dan Koopsus. 

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar