Gelar Upacara Hardiknas, Peserta Kenakan Pakaian Adat Tradisional

Gelar Upacara Hardiknas, Peserta Kenakan Pakaian Adat Tradisional Dok Humas

SINARPAGINEWS .COM, TEGAL- Pemerintah Kabupaten Tegal menggelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2024. Upacara tersebut berlangsung di Lapangan Pemkab Tegal, Kamis (2/5/2024).


Upacara tersebut dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tegal, Amir Makhmud. Hadir juga dalam upacara tersebut Forkopimda, OPD, ASN, Tenaga Pendidik serta para pelajar di Kabupaten Tegal dengan kompak mengenakan pakaian adat tradisional.


Pada Kesempatan tersebut, Amir Makhmud membacakan amanat dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset RI dan Teknologi (Kemendikbudristek) bahwa lima tahun terakhir ini Kemendikbudristek menjadi pemimpin dari gerakan Merdeka Belajar.


Hal tersebut Kemendikbudristek semakin menyadari tentang tantangan dan kesempatan untuk memajukan pendidikan Indonesia.


“Bukan hal yang mudah untuk mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar. Bukan tugas yang sederhana untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran,” kata Amir.


Kemudian, Kemendikbudristek juga dihadapkan dengan tantangan yang tak pernah terbayangkan yakni pandemi. 


“Dampak yang ditimbulkan mengubah proses belajar mengajar dan cara hidup kita secara drastis.” Ujarnya.


Amir juga menuturkan bahwa lima tahun bukan waktu yang sebentar untuk menjalankan tugas memimpin gerakan Merdeka Belajar. Namun, lima tahun juga bukan waktu yang lama untuk membuat perubahan yang menyeluruh.


“Dengan penuh harapan, saya titipkan Merdeka Belajar kepada Anda semua, para penggerak perubahan yang tidak mengenal kata menyerah untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan,” ujarnya ketika membacakan amanat Menteri Kemendukbudristek.


Adapun setelah upacara memperingati Hardiknas 2024, juga terdapat penyerahan penghargaan kategori melembaga pada program sekolah penggerak, asesmen nasional dan implementasi kurikulum merdeka dari BBPMP Provinsi Jawa Tengah kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal serta penyerahan piagam penghargaan kepada siswa-siswi berprestasi.(hid/kus)

Editor: A.Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar