Lagi, Baznas Gelontorkan Biaya Pelatihan Pekerja

Lagi, Baznas Gelontorkan Biaya Pelatihan Pekerja Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, BREBES - Para pekerja swasta, terutama yang berada di sektor manufaktur, merupakan tulang punggung bagi kemajuan industri dan ekonomi lokal. Mereka adalah pahlawan yang setiap hari bekerja keras untuk menghidupi keluarga dan menciptakan lapangan kerja bagi sesama. Dalam menghadapi berbagai tantangan dan dinamika, keberadaan mereka sangatlah berharga, dan layak bagi kita untuk memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya.


Demikian disampaikan Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar SH MHum saat memberi bantuan dan santunan kepada Karyawan Swasta di ruang rapat Bupati. Gedung KPT, Brebes, Rabu (8/5/2024).


Iwan mengatakan, dibukanya proyek percontohan kolaboratif berupa pelatihan kerja bagi warga masyarakat Kabupaten Brebes, merupakan momentum yang sangat hebat. Karena Pelatihan ini dirancang untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan para peserta dalam berbagai bidang, sehingga mereka dapat lebih siap dan berkualifikasi untuk menghadapi tuntutan pasar kerja yang semakin kompetitif.


Lebih dari sekadar pelatihan, proyek ini juga merupakan wujud nyata dari komitmen Pemkab untuk meningkatkan sinergitas dan kolaborasi antara berbagai pihak. Yakni, pemerintah, dunia usaha, akademisi, masyarakat, dan elemen lainnya dalam pentahelix. 


“Kami percaya bahwa dengan menggandeng berbagai pihak dan memanfaatkan kekuatan kolaborasi, kita dapat menciptakan dampak yang lebih besar dalam upaya menurunkan tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Brebes,” kata Iwan.


Dalam konteks yang lebih luas, program-program ini juga sejalan dengan visi pembangunan berkelanjutan. Melalui pemberdayaan ekonomi masyarakat, peningkatan kualitas sumber daya manusia, serta memperkuat kerja sama antar stakeholder, dapat menciptakan lingkungan yang inklusif, adil, dan berkelanjutan bagi seluruh warga Kabupaten Brebes.


Penyerahan bantuan pelatihan kerja kepada karyawan karyawati swasta secara simbolis oleh PJ Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar SH MHum disaksikan Kepada Baperlitbangda Apriyanto Sudarmoko, Ketua APINDO Edy Suryono dan Ketua Baznas Kab Brebes Abdul Haris. 


Abdul Haris menjelaskan, penyerahan bantuan pelatihan kerja senilai Rp50 juta merupakan program Baznas Brebes Ekonomi. Bantuan diberikan untuk 100 orang calon karyawan karyawati swasta selama 12 hari yang tengah mengikuti pelatihan di PT BIG Tanjung Brebes. Pelatihan berupa menjahit dan pembuatan sepatu. yang nantinya setelah mereka selesai pelatihan akan dipekerjakan di PT BIG Tanjung Brebes. 


Haris juga dalam programnya akan menerapkan pembayaran zakat bagi pelaku usaha dan karyawan Perusahaan. Kepada para pekerja, kalau sudah mencapai nisab sesegera mungkin membayar zakat dan kalau belum mencapai nisab agar membayar infaq kepada Baznas. 


“Gerakan Rp2 ribu akan kami laksanakan di perusahaan perusahaan di Kabupaten Brebes, semoga dari gerakan itu kita bisa mengatasi kemiskinan, stunting dan bisa bermanfaat bagi para karyawan perusahaan itu sendiri,” ungkap Haris.


Pihaknya akan menerapkan Gerakan Rp2 ribu dimulai dari PT BIG sebagai percontohan. Wujud dari itu, diserahkan Surat Keputusan Unit Pengumpul Zakat (SK UPZ) untuk PT BIG. Selanjutnya akan diikuti PT yang lain, dengan melakukan road show ke PT yang lain didampingi oleh APINDO. (Hid/hms)

Editor: A.Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar