Mendongeng, Cara KPK Sebarkan Virus Antikorupsi

Mendongeng, Cara KPK Sebarkan Virus Antikorupsi Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, BREBES - KPK RI melakukan roadshow bus 2024 di Kabupaten Brebes. Beragam kegiatan dilakukan untuk memeriahkannya, salah satunya dengan pendidikan antikorupsi yang digelar di Pendopo Brebes pada Jumat (28/6/2024) 


Pendidikan antikorupsi ini menyasar sejumlah tingkat pendidikan mulai dari PAUD hingga SMA. Sebagai strategi menyalurkan ilmu antikorupsi kepada satuan pendidikan setingkat PAUD, tim Roadshow bus KPK menggunakan teknik mendongeng. Virus antikorupsi ini disebar ke anak-anak Paud/TK lewat media mendongeng sehingga anak-anak dapat menangkap apa yang disampaikan pendongeng.


Sejak pagi, anak-anak dari sejumlah TK di Brebes sudah berkumpul di Pendopo Brebes. Mereka bersenang-senang sambil bernyanyi dan menari. Hingga saatnya dongeng pendidikan antikorupsi ditampilkan oleh Kak Teddy.


Ditemui di Pendopo usai memberikan sambutan, Sekda Brebes Ir Djoko Gunawan MT menjelaskan, kegiatan dongeng tersebut bertujuan untuk menanamkan tradisi antikorupsi sejak dini.


"Agar budaya ini tertanam, sehingga sampai dewasa akan terus diingat oleh mereka," jelas Djoko.


Adapun pemilihan dongeng sebagai media penyampaian tak lain untuk membantu agar pendidikan antikorupsi ini bisa relevan untuk anak-anak usia PAUD dan TK. 


"Jadi dengan mendongeng, akan lebih bisa masuk kedalam ingatan mereka," ungkap Djoko.


Selain mendengarkan dongeng antikorupsi, anak-anak juga diberi edukasi tentang fire resque atau pemadam kebaran dari Damkar Satpol PP Brebes. Antusias semakin tampak ketika anggota Damkar mempertontonkan ular hasil tangkapannya. Bahkan, mereka menikmati hujan dari semprotan mobil pemadam kebakaran.(hid/hms).

Editor: A.Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar