ASN Brebes Diminta Jaga Netralitas Dalam Pilkada Brebes 2024

ASN Brebes Diminta Jaga Netralitas Dalam Pilkada Brebes 2024 Dok Humas Ket.foto:( Pj. Bupati Brebes saat memberikan arahannya kepada ASN Brebes)

SINARPAGINEWS.COM, BREBES - Pj. Bupati Brebes Ir Djoko Gunawan MT berpesan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) agar menjaga netralitas dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Bupati/Wakil Bupati Brebes maupun Pilkada Gubernur/Wakil Gubernur Jateng. Pesan tersebut disampaikannya saat memimpin apel pagi di halaman Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Brebes, Senin (7/10/2024).

“Jaga kondusifitas daerah menjelang Pilkada tahun ini yang akan dilaksanakan 27 November 2024, tugas kita semua adalah memfasilitasi agar KPU dan Bawaslu bisa melaksanakan Pilkada 2024 secara lancar, aman damai,” kata Djoko.

Djoko mengaku sudah menyampaikan dan mengedarkan surat edaran untuk ASN dan Non ASN tentang Netralitas di Pilkada. “Tolong bisa dipahami dan dicermati, saya sudah ketemu Ketua Bawaslu menyampaikan garansi dan pasang badan bahwa seluruh ASN dan Non ASN di Kabupaten Brebes Netral, tidak ada niatan sekecil apapun dari ASN Kabupaten Brebes untuk berpihak pada siapapun,” tandasnya.

Djoko juga mengingatkan agar berhati-hati dalam bermedsos, karena sekarang sudah masuk masa kampanye sehingga bila salah bermedsos maka dianggap tidak netral. Meski guyonan, bila statement kita di medsos mendukung salah seorang calon maka bisa di screenshoot dan berakibat fatal karena dilaporkan ke Bawaslu.

Djoko berterimakasih kepada Kepala Dindikpora Kabupaten Brebes beserta seluruh pejabat dan staf, karena semua bisa mengikuti Apel pagi dengan semangat. Dia berharap ada gerakan merapatkan barisan untuk bersama-sama menyelesaikan PR antara lain Indek Pembangunan Manusia (IPM) yang masih 69,71. IPM INI sisi kelemahanya adalah dari dukungan lama sekolah dan harapan lama sekolah.

“Lama sekolah warga Brebes pada posisi 6,4 dan harapan lama sekolah 12,44. Ini tentunya perlu kita sikapi, ayo bareng-bareng bangkit tidak hanya lingkup Dindikpora tapi berkoordinasi dengan Kementerian Agama Kabupaten Brebes untuk memaksimalkan, agar peran yang lain pun bisa maksimal. Termasuk Madrasah Diniyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah kemudian juga Pondok Pesantren dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).

Ini bisa dicapai apabila kita benar-benar menerapkan Core dari ASN adalah Berakhlak, salah satunya adalah Loyalitas. Djoko menegaskan bahwa loyalitas ASN ada pada atasan masing-masing. Gerak langkah yang sama tentunya bisa bersikap lebih baik mempercepat akselerasi peningkatan IPM.

Kepala Dindikpora Kabupaten Brebes Caridah MPd bertekad akan mengupayakan peningkatkan angka lama sekolah dan menurunkan angka putus sekolah. Caridah akan mengoptimalisasikan, berkolaborasi, sinergi dengan lembaga-lembaga yang mampu meningkatkan diantaranya memaksimalkan peran PKBM agar bisa mengajak warga untuk belajar.(Hid/hms).

Editor: A.Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar

?>