Jumadi Meninjau Perbaikan Jalan Mataram

Nasional - Rabu, 13 Januari 2021

210113170418-jumadi-meninjau-perbaikan-jalan-mataram.jpg

Foto : red spn

TEGAL - Pemerintah Kota Tegal memperbaiki sebagian Jl. Mataram yang rusak. Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi meninjau langsung perbaikan Jl. Mataram tersebut, Rabu (13/1).

Muhamad Jumadi didampingi Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Tegal, Setyo Budi melakukan pengecekkan langsung perbaikan sebagian Jl. Mataram yang mengalami kerusakan parah dibeberapa titik.

Jumadi menyampaikan bahwa berdasarkan laporan dari warga terkait Jl. Mataram yang rusak parah, Pemerintah Kota Tegal merespon dengan segera melakukan perbaikan di beberapa titik mulai Rabu (13/1).

Ia menyampaikan bahwa kerusakan parah di Jl. Mataram ini dikarenakan jalan tersebut merupakan jalan kota, dengan ketebalan aspal 10 cm sampai 15 cm, yang tidak mungkin kuat menahan beban kendaraan truk dengan muatan berat, yang saat ini melewati Jl. Mataram sebelum masuk ke Jalan Lingkar Utara (Jalingkut).

"Memang betul, Jl. Mataram ini memang jalan kota, artinya apa? Kapasitasnya sendiri, ketebalan Jl. Mataram ini hanya 10 cm sampai 15 cm, memang bukan untuk lewat truk-truk besar seperti yang sekarang lewat dijalan ini," tutur Jumadi.

Ia menjelaskan bahwa Jl. Mataram yang merupakan jalan kota ini saat ini difungsikan untuk lewat truk-truk besar, akhirnya kemampuan jembatan, gorong-gorong dan jalan tidak mampu untuk menahan beban kendaraan yang luar biasa.

Namun demikian Pemerintah Kota Tegal melihat kondisi jalan seperti ini, langsung merespon dengan melakukan perbaikan. Menurut Jumadi, paling tidak perbaikan tersebut diupayakan agar jangan seperti kondisi seperti saat ini, yang bisa membahayakan karena di beberapa titik terdapat jalan berlubang dan jeblos.

"Saya sudah perintahkan Kepala DPUPR untuk melakukan perbaikan dan alhamdulillah kita mulai dari ujung selatan di sisi timur Terminal Bus Tegal kita perbaiki, minimal untuk meminimalisir kecelakaan-kecelakaan yang terjadi akibat jalan yang rusak," tandas Wakil Wali Kota.

"Jadi kita perbaiki dulu, untuk sementara waktu, sambil melihat perkembangan untuk bisa dianggarkan lebih besar lagi, termasuk lewat Dana Alokasi Khusus (DAK)," imbuhnya.

Jumadi minta pengertian seluruh Warga Kota Tegal, dan berharap mudah-mudahan dengan perbaikan ini bisa mengurangi kecelakaan. Nantinya jalan lingkar utara yang sebentar lagi jadi, bisa mengurangi beban Jl. Mataram.

"Saya yakin, di bawah kepemimpinan Dedy Yon, Insya Allah hal-hal seperti ini langsung kita tindaklanjuti untuk dilakukan perbaikan," papar Muhamad Jumadi.

Sementara ini, saat perbaikan jalur Jl. Mataram dilakukan pengalihan jalur, Jl. Mataran sementara hanya dilalui oleh kendaraan dari arah Jakarta, sementara kendaraan dengan arah menuju ke Jakarta dilewatkan jalan Pantura melalui Jl. MT. Haryono, Jl. Gajah Mada, Jl. Mayjend Sutoyo, Jl. Kolonel Sugiono sampai Jl. Doker Cipto Mangun Kusumo.(hid/tom).

Penulis/Pewarta: A.Wahidin
Editor: Red
© sinarpaginews.com 2021