Berikan Perhatian Khusus, Pemkab Purwakarta Bakal Lounching Berbagai Kegiatan Untuk Lansia

Ragam - Sabtu, 29 Mei 2021

210529145641-berik.jpeg

Foto : Markus Sitanggang

SINARPAGINEWS, PURWAKAETA,- Puncak acara peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) digelar oleh jajaran pemerintahan daerah Kabupaten Purwakarta, secara virtual di Bale Maya Datar, Komplek Pemkab Purwakarta, Sabtu, 29 Mei 2021.

Peringatan HLUN tahun ini bertemakan; lanjut usia bahagia bersama keluarga. Meski diperingati dengan cara yang berbeda karena dampak pandemi Covid-19. Namun dalam agenda yang dihadiri Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika itu tampak khidmat penuh nuansa kekeluargaan.

Dalam keterangannya, Ambu Anne mengatakan, keluarga merupakan lembaga sosial terkecil yang menjadi tempat persemaian bagi setiap orang, dari kondisi tersebut, maka orang tualah yang menjadi penjuru bagi generasi muda sekaligus panutan.

"Situasi pandemi ini tidak bisa menghalangi rasa suka cita bagi para lansia untuk merayakan peringatan walaupun dalam keadaan sederhana, HLUN diperingati atas dasar situasi dan kondisi sejarah," kata Ambu Anne.

Menurutnya, peringatan ini bertujuan untuk mengapresiasi semangat jiwa, peranan penting dan strategis oleh para penduduk lanjut usia yang ada di Indonesia umumnya dan secara khusus para lansia yang ada di Kabupaten Purwakarta.

"Ini yang harus menjadi perhatian bagi kita semua termasuk pemerintah daerah. Saya selaku bupati tentu saja harus memberikan perhatian khusus, intervensi kita tentu saja dengan kebijakan yang bertalian dengan pelayanan terhadap lansia," kata Ambu.

Bupati Purwakarta juga merinci berbagai kebijakan yang berhubungan dengan pelayanan para lansia, diantara; yang pertama melaksanakan vaksinasi serentak di 20 Puskesmas di Purwakarta. "Mudah-mudahan secara maksimal kuota akan terpenuhi setiap satu puskesmas 100 orang lansia bisa dilakukan pelayanan vaksinasi.

Jadi akan ada 2 ribu lansia di Purwakarta yang akan menerima vaksinasi covid-19," ujarnya. Sementara, berdasarkan data dari Disdukcapil Purwakarta bahwa lansia yang tersebar di 17 kecamatan di Kabupaten Purwakarta ada sebanyak 35 ribu orang dan berdasarkan data BPS tahun 2020, terdapat usia lanjut diatas 69 tahun ke atas

Purwakarta sebanyak 1,62 persen. "Sesuai data, lansia yang sudah dilakukan vaksinasi sebanyak 1,29 persen, kita akan terus meningkatkan dalam cakupan vaksinasi lansia di Kabupaten Purwakarta," kata Ambu Anne. Yang kedua, selaku Bupati Purwakarta, Ambu Anne akan mencanangkan Posyandu lansia atau disebut dengan Poswindu sesuai dengan arahan dari Menteri Sosial dan Purwakarta akan melaunching 40 titik kegiatan kelompok lansia melalui DPMD.

"Berikutnya kita akan mendorong gerakan kasih sayang kepada orang tua kita para lansia dari kita semua dapat memberikan mereka kasih sayang agar mereka sehat dan bisa produktif," tuturnya.

Menutup, Ambu Anne juga mengajak kita semua menjadikan momentum hari lansia tahun ini agar kita yang masih muda memberikan perhatian khusus, memberikan perhatian lebih dan memberikan para lansia kasih sayang. "Sehingga mereka akan hidup dalam keadaan bahagia. Dan dari bahagia itu akan mewujudkan mereka sehat lahir dan batin," demikian Ambu Anne. (Ms)

Penulis/Pewarta: Markus Sitanggang
Editor: Markus Sitanggang
© sinarpaginews.com 2021