Sekda Papua : Pembentukan DOB Provinsi Papua Selatan Diusulkan Dipercepat

Ekonomi - Kamis, 17 Juni 2021

210617063122-sekda.jpeg

Foto : Doglas Bali

SINARPAGINEWS.COM,PAPUA - Menurut Sekda Papua Dance Yulian Flassy, kebijakan pembentukan provinsi baru di wilayah selatan Bumi Cenderawasih, akan membuat rentang kendali pemerintahan semakin pendek.

Dengan demikian, pelayanan kepada masyarakat dapat lebih baik, maksimal serta semakin dirasakan masyarakat.

“Kami mengusulkan pembentukan Provinsi Papua Selatan ini dipercepat. Pemerintah Provinsi Papua, DPR Papua dan MRP bersama-sama mendorong percepatan pembentukan Provinsi Papua Selatan,” tegas Sekda di Jayapura, Rabu (16/6/2021).

Sekda secara kelembagaan memastikan ikut mendorong pembentukan DOB Provinsi Papua Selatan. Karena menurutnya, pemekaran ini dipandang penting dan solusi bagi pembangunan di atas tanah ini.

“Tujuannya hanya satu, yakni untuk supaya pembangunan semakin terasa dan dampaknya pun semakin dirasakan oleh masyarakat,” tegasnya lagi.

Sebelumnnya, Mendagri Tito Karnavian menegaskan saat ini terdapat 317 daerah yang mengajukan pemekaran DOB kepada pemerintah. Namun, tak satupun disetujui pemerintah.

Hal ini menyusul situasi keuangan negara yang tidak memungkinkan untuk melakukan pemekaran sebuah wilayah akibat pandemi Covid-19.

Kendati demikian, empat Bupati di Kabupaten yang terletak di Papua bagian selatan telah resmi mendeklarasikan pembentukan Provinsi Papua Selatan pada Selasa (15/6/2021). Keempat Bupati itu yakni Bupati Merauke, Bupati Asmat, Bupati Boven Digoel dan Bupati Mappi.(spn/papua)

Penulis/Pewarta: Ismed
Editor: Red
© sinarpaginews.com 2021