PM Irak dan Pejabat AS Bahas Masalah Penarikan Pasukan Asing

Dunia - Jumat, 16 Juli 2021

210716100615-pm-ir.jpg

Foto : Dok Puspen TNI

Pertemuan Mustafa al-Kadhimi dengan delegasi pemerintah AS di Baghdad

SINARPAGINEWS.COM, IRAK - Perdana Menteri Irak Mustafa al-Kadhimi bertemu para pejabat tinggi Amerika Serikat di Baghdad untuk membahas penarikan pasukan tempur dari negara itu.

Dikutip dari media Irak, Nasnews, al-Kadhimi bertemu dengan Koordinator Gedung Putih untuk Timur Tengah dan Afrika Utara, Brett McGurk dan rombongan pada Kamis, 15 Juli 2021.

Kantor Perdana Menteri Irak mengatakan dalam sebuah rilis bahwa kedua belah pihak membahas koordinasi dan kerja sama di berbagai bidang, serta persiapan untuk mengadakan dialog strategis putaran berikutnya antara Irak dan Amerika Serikat.

"PM al-Kadhimi dan McGurk juga membicarakan sejumlah isu antara lain, mekanisme penarikan pasukan tempur dari Irak, transisi ke fase baru kerja sama strategis dan meningkatkan keamanan Irak," tambahnya.

Kedua belah pihak juga berdiskusi tentang peningkatan kerja sama di bidang ekonomi, budaya dan perdagangan serta di bidang kesehatan dan penanganan Corona.

Meskipun para pejabat Baghdad dan Washington mengatakan bahwa misi pasukan AS di Irak terbatas pada pelatihan dan konsultasi, namun logistik untuk pasukan AS terus dikirim ke Irak dan mereka juga membantu operasi militer tentara Irak.

Pemandangan ini telah memicu reaksi keras dari kelompok-kelompok perlawanan Irak dan mereka tidak percaya bahwa misi pasukan AS di negara itu sudah dibatasi. (SPN/RM)

Penulis/Pewarta: Red
Editor: Red
© sinarpaginews.com 2021