Bupati Hadiri Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Dengan Kecamatan Se-Kab.Kunin

Destinasi - Rabu, 22 September 2021

210922082221-bupat.jpg

Foto : Dok Puspen TNI

SINARPAGINEWS.COM, KUNINGAN,- Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH,.MH hadiri Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Dengan Kecamatan Se-Kab.Kuningan yang di laksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum Kab.Kuningan bertempat di Aula Kantor Kecamatan Kadugede Kab.Kuningan, Selasa (21/09/2021).

“Komisi Pemilihan Umum Kab.Kuningan harus terus melaksanakan koordinasi intesif dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab.Kuningan untuk memutakhirkan data pemilih. Sesuai dengan amanat Pasal 20 huruf l Undang - Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum KPU Kabupaten/Kota berkewajiban melakukan pemutakhiran dan memelihara data Pemilih secara berkelanjutan dengan memperhatikan data kependudukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan” ujar Bupati mengawali sambutannya.

Selain itu di katakan Bupati, KPU Kab.Kuningan dalam menjalankan kewajibannya tersebut juga mengharapkan kerjasama antar Kecamatan Se-Kab.Kuningan dan partisipasi masyarakat di wilayah Kab.Kuningan untuk bersinergi mewujudkan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan yang berkualitas dan akuntabel, agar pada Pemilu/Pemilihan selanjutnya dihasilkan data pemilih yang valid dan akurat.

Lebih lanjut Bupati mengatakan pentingnya pemutakhiran data ini, karena data pemilih berkelanjutan bertujuan untuk memperbaharui data pemilih. Membicarakan data pemilih, adalah membicarakan pergerakan data masyarakat yang sangat dinamis. Setiap saat ada perubahan dari penduduk / masyarakat, misalnya ada pemilih yang meninggal dunia, ada pemilih yang baru berusia 17 tahun sehingga telah memenuhi syarat sebagai pemilih, ada perubahan identitas dari TNI/POLRI atau sebaliknya, atau mungkin terjadi mutasi penduduk. Semua itu harus diupdate dalam data pemilih KPU Kabupaten Kuningan sehingga data pemilih tetap tersaji kepada publik secara mutakhir.

Drs. Yudi Nugraha, M.Pd Kadisdukcapil Kab.Kuningan pada kesempatan yang sama juga mmenyampaikan akan siap mendukung dalam pemberian data agar data pemilih semakin akurat, faktual dan valid, karena banyak kemungkinan ada data pemilih berkelanjutan (DPB) yang berubah elemen datanya seperti berpindah alamat.

Pada acara tersebut dilaksanakan juga penyerahan secara simbolis Piagam Penghargaan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab.Kuningan atas Pelaporan Data Kematian By name By Address secara rutin dan berkala setiap bulan pada Tahun 2021 yang diserahkan Oleh Bupati Kuningan.

Penghargaan ini diberikan kepada :

Selain pemberian penghargaan tersebut, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kuningan mendapatkan Piagam Penghargaan Sebagai Mitra Strategis KPU Kabupaten Kuningan Dalam Kegiatan Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan yang di serahkan secara simbolis oleh Ketua KPU Kab.Kuningan Asep Z Fauzi di saksikan oleh Bupati Kuningan. (spn/kuningan)

Penulis/Pewarta: Haris Rojangi
Editor: Red
© sinarpaginews.com 2021