Puting Beliung Mengamuk, Puluhan Rumah di Kalinusu Brebes Rusak

TNI/Polri - Minggu, 26 September 2021

210926062248-putin.jpg

Foto : Dok SPN

SINAR PAGI NEWS.COM, BREBES  – Puluhan rumah dan satu bangunan mushola rusak akibat diterjang angin puting beliung yang melanda wilayah Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Jumat sore (24/9/2021).

Danramil 08 Bumiayu Kodim 0713 Brebes, Kapten Armed Jupriadi menjelaskan, dua dusun di Kalinusu yaitu Dusun Karanganyar dan Krajan Timur, terdampak dari kejadian yang terjadi mulai pukul 16.15 WIB ini.

“Tidak ada korban jiwa, namun satu bangunan mushola yaitu Musholla Al Ikhlas dan 7 rumah di Dusun Karanganyar RT. 02 RW. 01 rusak cukup berat, sedangkan 22 rumah lainnya rusak ringan,” terangnya.

Dijelaskannya lebih dalam, kerusakan lainnya juga terjadi di Dusun Krajan Timur RT. 02 RW. 04 yang menimpa rumah milik Solekhan (rusak berat) dan Sumroh (rusak ringan).

Kerusakan parah pada bangunan akibat rumah tertimpa pohon disekitar rumah yang tumbang. BPBD Bumiayu bersama pihak terkait dengan dibantu warga melakukan evakuasi batang dan ranting-ranting pohon yang menimpa bangunan.

“Awalnya terjadi hujan dengan intensitas sedang mulai pukul 15.30-16.00 WIB, kemudian disusul hujan butiran es dan akhirnya sekitar pukul 16.15 WIB terjadi puting beliung di Dusun Karanganyar,” sambungnya.

Pihaknya bersama Bhabinkamtibmas dan perangkat desa terus melakukan inventarisir kerugian, serta menghimbau agar warga lebih waspada dan secepatnya mengungsi ke tempat yang lebih aman jika terjadi perubahan cuaca yang ekstrim seperti sebelum kejadian puting beliung, yaitu hujan disertai angin kencang dan suhu udara menjadi dingin bahkan disertai hujan es.

“Kita juga menghimbau agar warga kedepannya mengurangi cabang-cabang pohon di sekitar pekarangan rumah agar tidak patah dan bahkan batangnya roboh saat angin besar terjadi,” pungkasnya. 

Penulis/Pewarta: Ahmad Wahidin
Editor: Red
© sinarpaginews.com 2021