Rang Agam Terpilih Jadi Uda Uni Duta Wisata Sumbar 2021

Wisata - Minggu, 7 November 2021

211107073426-rang-.jpg

Foto : Dok

SINARPAGINEWS.COM, SUMBAR - Uda Agam, Oktara Roberto (21) dan Uni Agam, Ritma (22) secara bersamaan terpilih sebagai Uda dan Uni Sumatera Barat Duta Wisata Sumbar Tahun 2021, dalam Grand Final Uda Uni Duta Wisata Sumatera Barat Tahun 2021, di Padang Convention Center (PCC) Truntum Padang, Jumat (5/11/2021).

Kedua putra putri terbaik asal Kecamatan Tanjung Mutiara (Uda) dan Palembayan (Uni) itu terpilih setelah melalui proses penjurian yang cukup alot. Mereka berhasil menyisihkan 16 pasang peserta lainnya. Mulai dari masuk dalam 6 besar, lalu tiga besar dan akhirnya menjadi jawara.

Keduanya dianggap tepat, karena memenuhi kriteria yang ditetapkan dewan juri profesional yang berasal dari berbagai unsur seperti unsur akademisi, praktisi, bundo kanduang serta dari asosiasi.

Untuk juara kedua atau wakil 1 dimenangkan oleh Uda Lima Puluh Kota dan Uni Padang. Sedangkan peringkat ketiga atau wakil 2 diraih Uda Kota Padang dan Uni Kabupaten Solok.

Penghargaan lain yang diberikan pada acara yang berlangsung hingga lewat tengah malam ini, diantaranya diraih Solok Selatan mendapat predikat Uda dan Uni Favorit. Uda Madani dari Tanah Datar, Kategori best video dari Kota Pariaman, serta kategoru best project dari Pesisir Selatan.

Gubernur Sumbar yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata Novrial, dalam sambutannya pada saat pembukaan berharap Uda Uni Duta Wisata Sumbar yang terpilih bisa menjadi figur teladan bagi generasi muda Sumbar yang dinamis. Selain mengenalkan wisata dan ekonomi kreatif Sumbar.

"Uda Uni harus bisa memperlihatkan perannya secara kongkrit. Tidak hanya menjaga tampilan, tapi juga sikap dan perilaku ditengah masyarakat. Mampu mempromosikan dan menjadi inspirator dan motivator. Terjun ke setiap objek wisata bersama Pokdarwis. Mudah-mudahan bisa membawa perubahan dan bersaing ditengah globalisasi tanpa kehilangan akar budaya," ujar Novrial.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumatera Barat, Ny. Harneli Mahyeldi juga menyampaikan harapan serupa. Melalui ajang pemilihan ini, Ummi berharap bisa menghadirkan duta wisata yang akan mengarahkan potensi-potensi wisata di Sumbar. Disamping itu juga, Ummi berharap ajang Uda Uni jangan sampai dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggungjawab yang ingin mengembangkan LGBT di Sumbar

"Melalui kegiatan ini kita berharap akan terpilih orang-orang yang tepat dan sejalan dengan visi misi pemerintah. Tadi saya lihat pembaca Al-Qur'an dari Uda Tanah Datar dan Pembaca doa dari Uda Bukittinggi, ini sangat baik sekali dan menunjukkan sisi religiusnya. Kita tak ingin Uda Uni ini dimasuki oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. insyaallah ini jangan sampai terjadi di Sumbar," jelas Ummi Harneli.(spn/Sumbar)

Penulis/Pewarta: Angelus Larosa
Editor: Red
© sinarpaginews.com 2021