Ormas, Elemen Penting Bangsa Asal Tidak Menyimpang

Polkum - Rabu, 10 November 2021

211110051239-ormas.jpg

Foto : Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM, BREBES- Oganisasi kemasyarakatan (Ormas), merupakan elemen penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Untuk itu, dalam berkegiatan wajib melestarikan dan memelihara norma, etika serta menjaga dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Agar tidak menyimpang dalam berkegiatan perlu adanya pengawasaan secara ketat sehingga tidak timbul ormas yang keluar dari jalur.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH ssat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan Organisasi Kemasyarakatan Kabupaten Brebes, di Aula Hotel Dedy Jaya jalan A Yani Brebes, Selasa (9/11).

Narjo menjelaskan, pengawasan dilakukan sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor 56 tahun 2017 tentang Pengawasan Organisasi Kemasyarakatan Di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri Dan Pemerintah Daerah.

Lanjutnya, ormas dituntut untuk terus melakukan peningkatan kualitas lembaga, baik dari sisi tertib administrasi, tertib anggota maupun dalam peningkatan SDM, juga peningkatan kualitas program kegiatan. Ormas juga diharapkan dapat memberikan kontrol dan masukan kepada pemerintah.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Brebes Muhammad Sodiq menjelaskna, jumlah ormas di Kabupaten Brebes mencapai lebih dari 200 organisasi. Sehingga perlu dilakukan pengawasan agar keberadaanya dapat terpantau sesuai dengan aturan yang ada. Dan keberadaan ormas sebagai mitra pemerintah dapat benar-benar terwujud.

Kata Sodiq, meski jumlah Ormas di Brebes tergolong cukup banyak namun hingga saat ini belum ditemukan indikasi adanya ormas yang menyimpang. Dalam artian yang terlalu jauh dalam melakukan pelanggaran aturan. Sodiq menandaskan, berdasarkan aturan bila ada ormas yang menyimpang dari aturan maka akan diberikan sangsi berupa teguran, peringatan tertulis, dan pembubaran.

“Sudah banyak contoh Ormas yang dibubarkan karena melanggar Undang-undang dan ketentuan organisasi pada umumnya,” terang Sodiq.

Rakor diikuti perwakilan organisasi kemasyarakatan yang ada di Kabupaten Brebes dengan narasumber antara lain Ketua Pengadilan Negeri Brebes Tornado Edmawan dan perwakilan forkompimda lainya.(hid/yas)

Penulis/Pewarta: Ahmad Wahidin
Editor: Red
© sinarpaginews.com 2021