Optimisme Pemulihan Ekonomi Kian Nyata

Ekonomi - Kamis, 11 November 2021

211111212334-optim.png

Foto : Ismed

SINARPAGINEWS.COM, JAKARTA,  - Kenaikan Indeks Keyakinan Konsumen dalam hasil Survei Konsumen Oktober 2021 dari Bank Indonesia (BI) menunjukkan masyarakat kian optimistis menyongsong pemulihan ekonomi nasional.

Hal ini menunjukkan bahwa upaya penanganan pandemi di Indonesia dapat berjalan beriringan dengan aspek perekonomian.

“Hasil survei tersebut menunjukkan bahwa keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi terus menguat dan tumbuh optimis sejalan dengan membaiknya penanganan pandemi.

Pemerintah mengapresiasi hal ini,” ungkap Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate. Data dari BI tersebut, menurut Menkominfo, juga membuktikan kebijakan Gas dan Rem selama ini efektif menyeimbangkan aspek pemulihan ekonomi dan kesehatan.

Pemerintah mengharapkan, tren positif ini dapat terus dipertahankan sehingga perputaran ekonomi Indonesia dapat terus tumbuh dan pandemi dapat terus terkendali. Berdasarkan Survei Konsumen Oktober 2021 dari Bank Indonesia,

Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) tercatat menguat menjadi 113,4 dari sebelumnya 95,5 pada September 2021. Level IKK yang sudah mencapai lebih dari 100 ini menunjukkan bahwa keyakinan konsumen berada pada area optimis.

Kenaikan IKK terutama didorong oleh perbaikan pada Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) saat ini dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK).

Persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini terpantau membaik, terutama dalam hal ketersediaan lapangan kerja dan penghasilan.

Menkominfo Johnny menerangkan hal ini tentunya sejalan dengan kebijakan pemerintah yang telah melonggarkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di berbagai daerah sejalan dengan penanganan COVID-19 yang terus baik.

“Penguatan keyakinan konsumen ini tentunya dipengaruhi oleh membaiknya aktivitas ekonomi dan penghasilan masyarakat, seiring dengan pembukaan kegiatan di berbagai sektor,” ujar Johnny.

Lebih jauh, ia mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap tangguh agar bisa segera bangkit dari pandemi. Ia juga menekankan bahwa pemerintah berkomitmen terus bekerja keras melindungi masyarakat dari segala dampak pandemi, baik kesehatan maupun ekonomi.

Johnny menyebutkan, tren positif ini diperkirakan masih dapat berlanjut ke depannya. Terlebih, sebentar lagi Indonesia akan memasuki momentum Natal dan Tahun Baru yang bisa memacu aktivitas konsumsi masyarakat.

Namun, sejalan dengan hal tersebut, Menkominfo Johnny mengingatkan masyarakat untuk tetap berhati-hati mewaspadai risiko transmisi COVID-19“Dalam melakukan aktivitas konsumsi, sedapat mungkin tetap bijak bermobilitas, hindari kerumunan, dan terapkan protokol kesehatan dengan baik, pakai masker dengan benar.

Kita tidak ingin momentum yang baik ini terdistraksi kembali dengan lonjakan kasus,” tegasnya.(Ms)

Penulis/Pewarta: Ismed
Editor: Ismed
© sinarpaginews.com 2021