Wali Kota Fahmi : 80% Petani di Kota Sukabumi Berusia Diatas 50 Tahun

Ragam - Rabu, 24 November 2021

211124231129-wali-.png

Foto : Dok

Wali Kota Sukabumi Sedang Menanam Cabai di lokasi Kelompok Tani Sadar Manah RW 11 Kelurahan Cisarua Cikole

SINARPAGINEWS.COM, KOTA SUKABUMI,- Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi mengatakan, lebih dari 4500 petani  di kota Sukabumi saat ini, 80 persen-nya rata-rata telah berusia diatas 50 tahun.

Hal itu menunjukan pertanian kurang diminati oleh generasi muda, padahal perlu regenerasi, dimana anak-anak muda memiliki kesempatan untuk menjadi para petani milenial dengan melibatkan teknologi dalam pertanian, sehingga akan menghasilkan produksi yang melimpah. Demikian disampaikan Fahmi dalam sambutannya pada peringatan hari pangan sedunia (HPS), di lingkungan Kelurahan Cisarua Cikole Kota Sukabumi Jawa Barat, Rabu 24/11/2021.

Lanjut Fahmi, karena terbatasnya lahan pertanian saat ini, Kota Sukabumi sulit untuk mewujudkan swasembada pangan, oleh sebabnya, Fahmi mengajak masyarakat Kota Sukabumi untuk menerapkan inovasi DKP3 yaitu Pekarangan Pangan Lestari atau P2L, serta meminta kepada DKP3 untuk melakukan kerjasama dengan beberapa daerah yang menjadi produsen pangan seperti Cianjur dan Karawang.

Dalam Peringatan HPS tahun 2021 Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi membagikan 250 benih tanaman cabai beserta pupuk dan polybag kepada beberapa perwakilan kelompok tani  untuk memulai gerakan tanam cabe (Gertabe), di Kelurahan Cisarua.

Kepala DKP3,  Andri Setiawan, menjelaskan HPS tahun ini mengusung tema “Aksi Kita, Masa Depan Kita, pastikan pangan kita B2SAH (Beragam, Bergizi Seimbang, Aman dan Halal) untuk Hidup yang Sehat, Aktif dan Produktif Menuju Kota Sukabumi yang Religius, Nyaman dan Sejahtera”.

Turut hadir dalam peringatan HPS tersebut, Wakil Wali Kota, Andri Setiawan Hamami, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dida Sembada dan tamu undangan lainnya.

Penulis/Pewarta: Iyan Sopyan
Editor: Iyan Sopyan
© sinarpaginews.com 2021