Masuk Kategori Krusial, Triyana Dapat Bantuan Rehab Rumah

Ekonomi - Kamis, 25 November 2021

211125210329-masuk.jpg

Foto : Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM, BREBES - Triyana, seorang ibu yang tinggal bersama empat anaknya di Rt01 Rw03 Kelurahan Gandasuli Kecamatan/Kabupaten Brebes Jawa Tengah merasa bahagia setelah menerima bantuan rehab rumah tidak layak huni (RTLH) yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) pusat tahun 2021. Rumah Triyana masuk dalam kategori kondisi krusial yang perlu penanganan cepat.

Selama ini, ia hidup di rumahnya yang nyaris roboh dan sangat tidak layak untuk di huni. Triyana setiap hari hanya bekerja serabutan tanpa memiliki pendapatan yang pasti. Sehingga ia tidak mampu memperbaiki bangunan rumahnya yang saat itu hanya menggunakan kayu dan anyaman bambu.

Atap rumahnya yang berlubang membuatnya gelisah saat hujan turun, karena air yang masuk kedalam rumah terkadang membuat genangan di lantai yang masih tanah.

“ Alhamdulillah saya merasa senang dan bahagia karena mendapat bantuan rehab rumah dari Pemerintah, bantuan yang saya terima berupa material seperti bata, genteng, pasir, besi, kayu dan lain-lain,” Ujar Triyana.

Ia bersyukur telah menjadi salah satu penerima bantuan perbaikan RTLH tersebut. Harapannya, besaran bantuan yang diterima dapat memperbaiki rumahnya.

Kepala Kelurahan Gandasuli, Suharis S,IP menjelaskan kondisi ibu Triyana secara ekonomi tidak mampu, apalagi ditambah kondisi rumahnya memang tidak layak huni dan sudah pantas untuk mendapatkan bantuan,” Ucap Suharis.

” Bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kelurahan Gandasuli saat ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Pusat tahun 2021 senilai 20 juta rupiah, dengan rincian Rp17,5 juta untuk material dan Rp2,5 juta untuk tenaga kerja,” pungkasnya.

Menurut Haris, anggaran yang Rp17,5 juta rupiah itu, warga menerima bantuan dalam bentuk material sesuai kebutuhan, kemudian pihak Disperwaskim melalui toko material yang ditunjuk mengirimkan material kepada warga si penerima.

Ada 26 unit rehab rumah dari bantuan RTLH di Kelurahan Gandasuli Brebes tahun 2021, yang terakhir ada 8 dan Triyana warga Rt01 Rw03 adalah yang terakhir dan masuk kategori krusial.

Sementara Ketua RW 03 Imam Bagyono menuturkan, di Lingkungan kami ada 2 warga yang mendapatkan bantuan RTLH diantaranya Triyanah dan Imam.

Proses pembongkaran dan rehab rumah milik Triyana dibantu oleh warga lingkungan setempat secara swadaya, anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) ranting Kelurahan Gandasuli dan warga sekitar turut membantu tenaga.

Penulis/Pewarta: A.Wahidin
Editor: Red
© sinarpaginews.com 2021