Crowdfunding Upaya Penuhi UHC

Ragam - Selasa, 11 Januari 2022

220111220358-crowd.jpg

Foto : Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM, BREBES - Cakupan Kesehatan Semesta atau Universal Health Coverage (UHC) bisa tercapai bila seluruh pihak saling bergotong royong. Wujudnya, dengan terlibat dalam Crowdfunding atau pendanaan untuk mereka yang membutuhkan dana yang dikumpulkan dari beberapa orang. Seperti dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)-Kartu Indonesia Sehat (KIS) bagi orang miskin perlu langkah Crowdfunding.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH saat Penandatanganan Perjanjian Kerjasama FKRTL dan Pemberian Apresiasi Kepada Donatur Crowdfunding JKN-KIS BPJS Kesehatan di Grand Dian Hotel Brebes, Selasa (11/1).

Narjo menyebutkan, kepesertaan JKN-KIS di Kabupaten Brebes hingga Januari 2022 sudah mencapai 92,68 persen. Sehingga masih ada 145.166 jiwa yang belum menjadi peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan.

Narjo mengapresiasi Direktur Rumah Sakit negeri dan swasta, klinik dan dokter yang telah menjadi Donatur Crowdfunding JKN-KIS BPJS Kesehatan. Langkah mulia tersebut diharapkan bisa diikuti berbagai pihak agar masyarakat miskin seluruhnya diikutsertakan dalam JKN-KIS BPJS Kesehatan.

Di Kabupaten Brebes terdapat lebih kurang 400 dokter, jika seorang dokter menjadi donatur crowdfunding bagi 10 orang saja, maka ada 4000 warga miskin yang menjadi peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan.
“Jika semakin banyak crowdfunding maka UHC di akhir tahun 2022 bisa terwujud,” tandas Narjo.

Sesuai tuntunan agama, lanjut Narjo, bahwa langkah baik dan mulia jangan sampai ditunda- tunda. Karena itu bisa menjadi ladang amal akherat yang menuntun jalan ke surga.

Kepala BPJS Kantor Cabang Tegal Yusuf Eka Darmawan melaporkan donatur yang sudah masuk di tahun 2022 yakni CSR RSU Allam Medica Bumiayu (108 orang), CSR RS Dedy Jaya (68 orang), CSR RS Bhakti Asih (123 orang), CSR RS Dera As-Syifa (112 orang), CSR RSU Islam Mutiara Bunda (100 orang), CSR RSU Siti Asiyah (100 orang), CSR RSU Muhammadiyah Siti Aminah Bumiayu (148 orang), CSR Klinik Pratama Sehat Setia (40 orang), CSR Klinik Pratama Hati Mulia (100 orang), CSR Klinik Adibah (25 orang), CSR RS Ibu dan Anak Permata Insani (100 orang), CSR dr Feriyadi (25 orang), CSR dr Ida Rahmawati (25 orang), RSUD Brebes (200 orang), Laboratorium Klinik Pramita (50 orang), Laboratorium Klinik Prodia (20 orang), BSI Brebes Raya (40 orang). Dan dari BPJS melalui priogram satu pegawai, satu keluarga asuh ada 100 orang.

Yusuf mengungkapkan, dengan menjadi donatur maka telah menghapus kemiskinan baru yang timbul akibat sakit.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Asisten Sekda bidang Ekonomi dan Pembangunan Tety Yuliyana, Plt Kepala Dinas Kesehatan Sri Gunadi Parwoko, Kepala Bagian Perekonomian Setda Brebes Farikhah dan Kepala BPJS Kesehatan Brebes Hariyanto.(hid/yas).

Penulis/Pewarta: Ahmad Wahidin
Editor: Red
© sinarpaginews.com 2022