Kasubag TU Bapas Kelas 1 Semarang Tekankan Pentingnya 'Work Life Balance'

Polkum - Senin, 17 Januari 2022

220117172512-kasub.jpg

Foto : Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM, SEMARANG - Bertempat di halaman Balai Pemasyarakatan Kelas I Semarang, pagi ini diselenggarakan kegiatan apel pagi. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang rutin diselenggarakan setiap hari sebelum melakukan kegiatah rutin. Bertindak selaku pengambil apel pagi ini adalah Kasubag Tata Usaha Balai Pemasyarakatan Kelas I Semarang. Dalam amanatnya beliau menekankan pentingnya Work Life Balance,Senin (17/01/2022).

Semua orang, pasti menginginkan kehidupan yang seimbang antara kehidupan bekerja dan kehidupan di luar kantor. Namun kenyataannya, banyak orang susah untuk memiliki kehidupan yang seimbang hingga berujung memicu munculnya rasa stress dan tertekan akibat banyaknya tekanan kerja di kantor. Padahal, memiliki kehidupan yang seimbang itu sangat penting untuk sisi psikologis dan kesehatan jasmani seseorang.

Keseimbangan kehidupan adalah sebuah cara bekerja dengan tidak mengabaikan semua aspek kehidupan kerja, pribadi, keluarga, spiritual, dan sosial. Memang untuk meraih keseimbangan kehidupan terlihat susah. Keseimbangan ini dapat dimiliki seseorang saat dirinya sudah memiliki perasaan cukup waktu dan energi untuk melakukan semua aspek penting dalam hidupnya. Artinya, perlu keterampilan dalam membagi waktu agar seseorang dapat memiliki kehidupan yang seimbang.

Jika seseorang memiliki kehidupan yang seimbang, maka kemampuan diri juga akan terus dilatih. Tentunya, keseimbangan dalam hidup akan memberikan dampak kesehatan, kesejahteraan, kesenangan, dan pertumbuhan diri menjadi lebih baik.
Ada beberapa manfaat yang bisa kita rasakan setelah mencapai keseimbangan, seperti;
1.Kerja semakin produktif

Dengan adanya keseimbangan, Anda dapat memanfaatkan waktu bekerja menjadi lebih produktif. Delapan jam di kantor cukup untuk melakukan pekerjaan setiap harinya. Usahakan untuk hindari lembur atau bekerja ekstra. Perlu Anda ketahui bahwa semakin lama Anda bekerja, konsentrasi Anda juga akan menurun, sehingga menurunkan produktivitas kerja. Dengan pola kerja-aktivitas-tidur yang baik, penggunaan energi akan semakin efektif sesuai dengan kebutuhan.

2.Lebih bahagia
Ritme bekerja akan berpengaruh sesuai dengan target atau tujuan yang ingin dicapai, loh! Jika Anda dapat mengatur ritme bekerja dengan baik, tentunya hasil akan tercapai sesuai yang diinginkan dan berdampak pada kebahagiaan diri sendiri setelah semua pekerjaan selesai. Rasa puas pada diri Anda akan memberikan dampak positif bagi tubuh.

3.Kreativitas meningkat
Anda pernah merasa lelah dan penat, atau tidak memiliki waktu untuk rekreasi atau berkumpul dengan teman? Dengan memiliki hidup yang seimbang, tentu ide-ide kreatif akan bermunculan karena tidak terpaku pada pekerjaan melulu.

4.Hubungan yang lebih baik
Ini adalah salah satu manfaat terpenting dalam Work Life Balance: hubungan Anda dengan orang-orang sekitar. Tidak ada gunanya jika meraih kesuksesan di tempat kerja jika saat pulang ke rumah Anda bertengkar dengan pasangan karena kurangnya waktu kebersamaan.
Tidak ada seorangpun yang berhasil tanpa dukungan orang lain. Rekan kerja, atasan, pasangan dan anak di rumah, teman, semuanya merupakan faktor penopang kesuksesan. Oleh karena itu, lakukan yang terbaik dalam menciptakan keseimbangan dalam semua aspek kehidupan Anda.

Pastinya semua orang ingin mempunyai kehidupan yang seimbang. Namun tak dipungkiri banyak juga faktor yang menyebabkan seseorang susah untuk memiliki kehidupan yang seimbang. Contohnya terlalu banyak bekerja atau juga terlalu malas untuk hadir di kantor. Berikut ini beberapa efek yang mungkin terjadi:

.Terlalu larut dalam pekerjaan tanpa henti dapat menunda waktu makan dan mengakibatkan masalah pada pencernaan. Hingga saat ini ada banyak orang yang diketahui mengalami masalah pencernaan akut karena stress dan beban kerja berlebih.
.Menghindari pekerjaan kantor terus menerus beresiko menurunkan kinerja di kantor dan memberikan penilaian negatif pada atasan. Akibatnya karir tidak beranjak serta pendapatan tidak bisa maksimal.
.Terlalu fokus pada pekerjaan dan impian akan hasil yang sangat sempurna bisa merusak hubungan kerja antar karyawan. Tingkah laku terhadap rekan kerja yang menuntut membuat karyawan lain juga merasa kurang nyaman dan akhirnya menghadapi stress yang sama.
Beberapa tips ini dapat di terapkan agar memiliki kehidupan yang lebih seimbang antara pekerjaan dan di luar pekerjaan.

1.Atur jam kerja
Seperti yang sudah disampaikan di atas, bekerja dengan cepat agar selesai tepat waktu juga penting untuk mengatur waktu antara pekerjaan dan kehidupan. Anda dapat melakukan pencatatan pekerjaan satu per satu sehingga tidak ada yang terlewat. Nantinya bisa menyelesaikan semua pekerjaan di kantor tepat waktu tanpa harus melakukan kerja tambahan.

2.Lakukan olahraga dengan teratur
Anda dapat berolahraga untuk menjaga keseimbangan tubuh. Meskipun sudah seharian bekerja, luangkanlah sedikit waktu untuk berolahraga untuk tetap menjaga kebugaran.

3.Mengonsumsi makanan yang bergizi
Jangan lupa untuk makan dan minum yang sehat. Anda pasti butuh tenaga untuk mengerjakan tugas-tugas di kantor. Dengan makanan yang sehat dan bergizi, akan memberikan tenaga yang baik untuk tubuh, sehingga Anda dapat bekerja lebih efektif.

4.Menolak yang tidak perlu
Ini berlaku di tempat kerja. Tolaklah tugas-tugas yang tidak termasuk job description Anda. Jika di rumah, hindari untuk menghadiri undangan yang tidak terlalu penting jika keluarga lebih membutuhkan perhatian.

5.Membagi waktu dengan prioritas
Usahakan Anda bekerja saat jam kerja, bermain dan berkumpul dengan keluarga di rumah, dan beristirahat saat jam istirahat. Hindari membawa pekerjaan kantor ke rumah dan sebaliknya menggunakan jam kantor untuk mengurus hal yang tidak berhubungan dengan pekerjaan.
Mari kita coba untuk mempunyai kehidupan yang lebih seimbang. Anda dapat menikmati kehidupan dengan lebih baik. Pekerjaan selesai dengan baik, badan tetap sehat, mempunyai waktu bersama keluarga, dan memiliki waktu hiburan.

Dalam masa pandemi ini, khususnya di Indonesia, pemerintah kembali memberlakukan PSBB sehingga berdampak pada kegiatan perkantoran. Para karyawan kembali harus beradaptasi dengan bekerja dari rumah. Jika bekerja dari rumah, apakah mendapatkan kehidupan yang seimbang lebih mudah? Beberapa orang mungkin merasa kesulitan, karena saat bekerja dari rumah batasan waktu bekerja menjadi samar. Anda perlu mengatur waktu bekerja lebih ekstra agar pekerjaan tetap terselesaikan, tetap memiliki waktu bersama keluarga, dan menjalankan hobi yang Anda sukai.
Apel pagi berjalan lancar dan seluruh pegawai Bapas sipa menjalankan tugas dengan penuh semangat.

Penulis/Pewarta: Ahmad Wahidin
Editor: Red
© sinarpaginews.com 2022