Sekretaris BPBD Kab. Sukabumi : BIN Mendorong Akselerasi PEN Dengan Gebyar Vaksinasi

Ragam - Jumat, 29 Juli 2022

220729204638-sekre.jpeg

Foto : Dok

SINARPAGINEWS.COM, KAB. SUKABUMI – Gencarnya pelaksanaan vaksinasi Covid-19 oleh Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Jawa Barat di wilayah Kabupaten Sukabumi, turut mendorong Akselerasi Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). 

Hal itu disampaikan Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Anita Mulyani, saat menghadiri gebyar vaksinasi oleh BIN di kompleks kantor Desa Babakan Panjang Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi, Jumat (29/07/2022).

Dengan upaya keras dan kerjasama yang baik antar lintas sektoral termasuk dengan BIN, menurut Anita, tingkat kesadaran masyarakat untuk divaksin dan capaian vaksinasi diwilayah kabupaten Sukabumi terus meningkat. Dampaknya, akan mendorong Akselerasi Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

" Terjadinya pandemi Covid 19  mengakibatkan perekonomian sempat terpuruk. Untuk mengembalikan perekonomian ini harus didukung dengan masyarakat yang sehat. Jadi percepatan vaksinasi BIN ini sangat membantu pemulihan ekonomi. Sebagaimana taglinenya Indonesia Sehat Indonesia Hebat,” kata Anita .

Anita sangat mengapresiasi upaya BIN dalam mendorong capaian vaksinasi di wilayah Kabupaten Sukabumi. Menurutnya BIN telah berupaya melakukan vaksinasi dengan berbagai cara untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Bukan hanya membuka gerai tapi juga melakukan cara door to door ke perkampungan, bahkan kedaerah yang sulit dijangkau.

“ Kami mengapresiasi kegiatan vaksinasi Covid-19 oleh BIN yang dilakukan dengan berbagai cara, bukan hanya dengan membuka gerai vaksinasi tetapi juga dengan door to door menyisir sasaran dari rumah kerumah di daerah pelosok. Ini upaya yang luar biasa dalam meningkatkan capaian vaksinasi di kabupaten Sukabumi,” ucap Anita.

Ditempat yang sama, Kaposda BIN Kabupaten Sukabumi Aam Abdul Salam menyampaikan, dalam kegiatan vaksinasi hari Jum'at (29/7/2022) ini target vaksinasi sebanyak 4000 untuk seluruh dosis.

" Untuk mengejar target tersebut kami melakukan vaksinasi dengan membuka gerai dan door to door. Pola kegiatan vaksinasi disesuaikan dengan kondisi daerah, seperti di Desa Babakan Panjang ini, karena konturnya berbukit maka selain membuka gerai di depan kantor desa juga dengan door to door menyisir perkampungan penduduk,” tutur Aam.

Kondisi wilayah yang berbukit dan jangkauan menuju pusat layanan kesehatan juga lumayan sulit, maka diamklumi kalau capaian vaksinasi masih kurang. Namun menurut Aam, yang membuat kaget capaian vaksinasi dosis I dan II untuk PKM Nagrak sudah seratus persen, hebat," tutur Aam.

Sementara Camat Nagrak Drs. Sabar Suko yang juga menghadiri vaksinasi di depan kantor Desa Babakanpanjang, menyampaikan apresiasi tinggi atas kinerja BIN yang turun langsung ke masyarakat bahkan door to door.

"Atas nama masyarakat Kecamatan Nagrak kami mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas kesungguhan BIN dalam percepatan vaksinasi di wilayah kami. Wilayah kami dengan kontur berbukit yang sulit dijangkau, tapi tim vaksinasi BIN berkenan masuk door to door melayani warga disini. Terimakasih sekali," kata Sabarsuko.

Turut hadir mengapresiasi dan mendukung jalannya kegiatan vaksinasi tersbut, Kepala Puskesmas Girijaya, Maman Suparman SKM. Kepada SPN, Maman Suparman menyampaikan tingkat kesadaran masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Giri Jaya cukup tinggi dan sangat memperngaruhi capaian vaksinasi.

“ Alhamdulillah, tingkat kesadaran masyarakat diwilayah kami cukup tinggi. Ini juga berpengaruh pada tingkat capaian vaksinasi yang cukup baik. Dari sasaran Puskesmas Giri Jaya sebanyak  25.750 jiwa, capaian vaksin 1 sudah 100 persen lebih, dosis 2 diangka 80 persen, dan booster mencapai 50 persen. Sementara untuk vaksinasi anak, dosis 1 dan 2 sudah 100 persen,” pungkas Maman.

Penulis/Pewarta: Anom Nurzain
Editor: Iyan Sopyan
© sinarpaginews.com 2022