Skolla Kenalkan Pembelajaran Metaverse Bersama Stafsus Presiden dan Pelajar Indonesia

Pendidikan - Sabtu, 13 Agustus 2022

220813081239-skoll.jpg

Foto : Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM, JAKARTA - Dalam rangka menyemarakkan HUT Ke-77 Republik Indonesia, Skolla melalui Komunitas Belajar Seru Poll (Kombespoll) bersama mitra yang memiliki perhatian pada dunia pendidikan, akan mengenalkan metode pembelajaran menggunakan teknologi Metaverse kepada pelajar Indonesia melalui acara “Peluncuran Pelajar Indonesia 37 Provinsi & Asia Go Metaverse”.

Skolla merupakan platform pendidikan yang berfokus mengembangkan metode pembelajaran yang imersif (nyata dan berkesan) dengan mengadaptasi teknologi Metaverse.

Metaverse merupakan dunia virtual di mana pengguna bisa berinteraksi seperti kehidupan pada umumnya dengan bantuan teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR). Mark Zuckerberg, CEO Meta, mempopulerkan istilah Metaverse, dengan harapan teknologi ini mampu menggabungkan dunia nyata dan maya serta menjadi hal umum di kemudian hari.

Salah satu fokus terbesar dari Meta adalah penerapan Metaverse di sektor pendidikan. Hal ini senada dengan apa yang disampaikan oleh Bapak Presiden RI, Joko Widodo, pada beberapa kesempatan, berharap agar Indonesia mampu berdaya saing di bidang teknologi, salah satunya melalui dunia Metaverse.

Menurut Unicef, pandemi memberikan dampak sebesar 91 persen terhadap siswa secara global. Dunia pendidikan harus beradaptasi dengan metode pembelajaran baru, terutama pembelajaran jarak jauh yang sudah dimulai di awal tahun 2020. Teknologi menjadi faktor yang sangat penting untuk keberlangsungan proses belajar-mengajar dan perkembangan pendidikan di tahun mendatang.

Teknologi Metaverse mampu menjadi wadah baru untuk pembelajaran pascapandemi. Dengan penggabungan dunia nyata dan maya, pembelajaran jarak jauh menggunakan Metaverse membuat pengalaman belajar siswa lebih nyata, berkesan dan lebih paham dibandingkan menggunakan visual 2D seperti video atau presentasi.

Dengan mengenalkan teknologi Metaverse kepada anak-anak atau siswa di awal, menjadi upaya untuk generasi berikutnya lebih gampang beradaptasi dengan teknologi yang akan berkembang di masa depan, salah satunya yaitu teknologi Metaverse. Pengalaman belajar di dunia Metaverse akan merangsang pola pikir tingkat tinggi sehingga akan menghasilkan siswa berdaya analisis, kritis, cakap memecahkan masalah, dan mampu melakukan evaluasi yang komprehensif. Dari sinilah akan dihasilkan talenta-talenta unggul menuju Indonesia Emas 2045.

Sebagai perwujudan nyata, pada tanggal 18 Agustus 2022, Skolla akan menjadi pionir dalam mengenalkan metode pembelajaran terbaru menggunakan teknologi Metaverse. Dengan materi pendidikan karakter Pancasila bersama Billy Mambrasar selaku Staf Khusus Presiden RI Bidang Pendidikan, Inovasi, dan Daerah Terluar serta dihadiri pelajar Indonesia dari 37 provinsi dan beberapa siswa Skolla di Asia, harapannya siswa dapat mengenal dan lebih mudah beradaptasi dengan teknologi Metaverse.

Selain itu, dalam acara ini juga diselenggarakan perlombaan Tujuhbelasan dan pemberian 1000 Beasiswa Pendidikan. Acara ini dapat diikuti oleh seluruh pelajar Indonesia secara gratis yang dilaksanakan di Skollaverse (ruang Metaverse Skolla).

Penulis/Pewarta: Red
Editor: Red
© sinarpaginews.com 2022