Camat Pasekan Targetkan Sekolah Ikut Manfaatkan Pekarangan Sukses Program Puspa

Pendidikan - Sabtu, 28 Januari 2023

230128092556-camat.jpg

Foto : Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, INDRAMAYU – Camat Pasekan Haryono menggelar rapat bersama para Kepala Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan Pasekan Kabupaten Indramayu yang bertempat di Gedung Guru Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Kecamatan Pasekan, Kamis (26/01/2023).

Kegiatan rapat yang dihadiri pula oleh para pengawas Sekolah Dasar, dilaksanakan untuk mengoordinasikan perihal program yang diusung Bupati Indramayu Nina Agustina Agustina Da’i Bachtiar yaitu Pusat Pangan (Puspa).

Rencananya, dalam upaya mengkampanyekan kegiatan pemanfaatan pekarangan untuk ditanami sayuran, Program Puspa juga akan diterapkan pada sekolah-sekolah.

Camat Haryono mengatakan, penerapan program Puspa di sekolah akan menjadi pembelajaran tambahan selain menambah pengetahuan mengenai tanaman-tanaman yang dapat menjadi konsumsi sehari-hari.

“Program Puspa ini memiliki banyak manfaat, selain dapat menjadi tambahan perekonomian di masyarakat, Puspa yang diterapkan pada sekolah dapat menjadi pelajaran dan kedisiplinan bagi siswa sekolah dasar,” katanya.

Penerapan program Puspa tersebut, dapat dilakukan di sekolah dengan cara menanam tanaman-tanaman yang memiliki manfaat, seperti tanaman cabai, tomat dan berbagai tanaman sayuran lainnya serta tanaman obat-obatan (Toga).

Selain itu, manfaat bagi siswa SD yang menanam berbagai tanaman tersebut dapat meningkatkan sikap kepedulian terhadap makhluk hidup lainnya serta melatih sikap disiplin untuk menjaga dan merawat tanaman.

Penulis/Pewarta: Haris Rojangi
Editor: Haris Rojangi
© sinarpaginews.com 2023