Gerbang Pertapaan Prabu Aji Putih Dibangun Atas Swadaya Masyarakat Setempat

Wisata - Minggu, 29 Januari 2023

230129055833-gerba.jpg

Foto : Dok Puspen TNI

KAB.SUMEDANG - Gerbang pertapaan Prabu Aji Putih bakal dibangun di Dusun Cilembu, Desa Pakualam, Kecamatan Darmaraja. Pertapaan dibangun sebagai tempat ziarah dan pengganti makam keramat Prabu Aji Putih di kawasan Cipaku yang tenggelam sejak Bendungan Jatigede digenang. "Pondasi rencana pembangunan gerbang pertapaan Prabu Aji Putih telah ada hasil dari swadaya masyarakat di sini," ujar salah satu pengurus Yayasan Masyarakat Adat Prabu Lembu Agung, Ujang Kushanda, Sabtu (28/1/2023).

Ujang yang juga Sekretaris Desa Pakualam menyebutkan, inisiatif membangun gerbang pertapaan Prabu Aji Putih adalah masukan dari peziarah yang biasa mendatangi makam Prabu Aji Putih, yang kini tenggelam hamparan air. "Selain untuk ziarah, kami ingin melestarikan nama besar Prabu Aji Putih sebagai leluhur kami. Gerbang pertapaan nantinya bisa jadi tempat wisata budaya," katanya.

Gerbang pertapaan Prabu Aji Putih dibangun di Cilembu, tepat dipinggir perairan Jatigede, sehingga nantinya akan memiliki zona pandang yang luas.
"Selain berziarah, pengunjung bisa menikmati keindahan Bendungan Jatigede," ujarnya.

Pembangunan gerbang pertapaan Prabu Aji Putih yang didesain masyarakat Cilembu dilakukan secara bertahap karena biaya pembangunan hanya mengandalkan swadaya dan dari donatur yang peduli. [SPN/SMD]

Penulis/Pewarta: Ishak
Editor: Red
© sinarpaginews.com 2023