Culture Expedition, Cara BAKTI NUSA Lejitkan Potensi Penerima Manfaatnya

Pendidikan - Rabu, 1 Februari 2023

230201203542-cultu.jpg

Foto : Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM,SOLO – Mewadahi potensi terbaik pemuda, Beasiswa Aktivis Nusantara (BAKTI NUSA) menghelat Culture Expedition di rangkaian Future Leader Challenge (FLC) 2023 pada Minggu (29/012023) di Kota Solo. Culture Expedition merupakan upaya BAKTI NUSA memaksimalkan peran besar pemuda sebagai agen perubahan dan pemegang tampuk kepemimpinan di masa depan, sebab Indonesia butuh aktivis terbaik yang dapat memberikan solusi perbaikan untuk berbagai permasalahan di Indonesia.

“Kami ingin para penerima manfaat kami bisa mengelaborasi potensinya dengan nilai-nilai BAKTI NUSA yakni Cendekia, Integritas, Transformatif, dan Melayani,” ujar Fazar, Supervisor Rumah Pembaharu.

Sebagai pionir gerakan kepemudaan, BAKTI NUSA ingin para penerima manfaatnya terjun langsung di masyarakat, mengenal budaya, dan memberikan peran terbaik.

“Culture Expedition bukan hanya tentang mengenal kebudayaan tetapi juga mengajak masyarakat dan warganet merasakan semangat dan persona aktivis. Kota Solo merupakan lokasi terbaik karena Kota Batik ini dipimpin seorang pemuda penuh semangat membara,” ujar Fazar. “Semangat tersebut kami elaborasi untuk memecut para penerima manfaat agar menjadi pribadi terbaik versi mereka,” tegasnya.

Sebanyak 50 aktivis calon pemimpin masa depan dari 14 kampus besar di Indonesia (USU, UNAND, UNSRI, UI, IPB, ITB, UNPAD, UNS, UGM, ITS, UNAIR, UB, UNHAS, dan UNUD) mengikuti Culture Expedition yang mengusung tema “We Create, Build, Preserve”. “Menyiapkan generasi muda terbaik menjadi kebutuhan bagi sebuah bangsa, bagi kesejahteraan sosial, dan bagi masyarakat Indonesia, anak muda ialah penentu masa depan bangsa, tugas besar ini tak akan bisa ditunaikan tanpa kualitas generasi muda mumpuni,” ungkap Fazar. Ia menambahkan, calon penerima manfaat BAKTI NUSA juga dituntut mampu berdaya dan melayani masyarakat melalui Leadership Project (Leadpro) mumpuni.

Leadership Project sendiri ialah laboratorium personal yang melahirkan inovasi sosial pemberdayaan dan berfokus menebar kebermanfaatan di sisi bisnis, pendidikan, ekonomi, kesehatan, lingkungan dan sosial. Pada praktiknya Leadpro yang tersebar di berbagai daerah Indonesia berdampak positif terhadap perubahan masyarakat, seperti yang dilakukan Barian Muchtar Pratama, calon penerima manfaat BAKTI NUSA asal Palembang dengan Leadpro Mental and Disability Care Indonesia (MEDICA.ID). Secara kuantitatif, Leadpro gagasannya telah memberikan dampak perubahan sebesar 90% untuk mereka yang memiliki keluhan mental dan disabilitas sehingga lebih merasa bahagia dan memiliki masa depan lebih baik. “Saya yakin BAKTI NUSA akan membantu saya meluaskan kebermanfataan, karena BAKTI NUSA dan MEDICA.ID ialah ruang cerita bagi para pemuda hebat yang ingin melakukan pelayanan serta pengabdian di masyarakat,” jelas Barian
Disinyalir Culture Expedition mampu menguatkan Leadpro para calon penerima manfaat BAKTI NUSA dan memunculkan pemuda penuh inovasi, gagasan, berorientasi pada pembangunan, menguatkan wawasan kebangsaan, nilai-nilai kemanusiaan, KolaborAksi, dan ikut menyiapkan kaderisasi kepemimpinan bangsa sekaligus membangun soliditas tim guna wujudkan aksi nyata dalam memberikan kebermanfaatan. (AR).

Penulis/Pewarta: A.Wahidin
Editor: Red
© sinarpaginews.com 2023