Bupati Tegal Umi Azizah Soft lounching MPP

Polkum - Sabtu, 4 Maret 2023

230304203355-bupat.jpg

Foto : Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, TEGAL– Bupati Tegal Dra. Umi Azizah soft lounching Mal Pelayanan Publik (MPP) “Satya Dahayu” pada Jumat, (3/3/2023). MPP yang dibangun Pemerintah Kabupaten Tegal tahun anggaran 2022 itu terletak di Jl Raya Ahmad Yani - Procot Slawi .

Dalam sambutannya Umi menyampaikan, sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik Pemerintah Daerah sebagai representasi Negara Penyelenggara Pelayanan Publik memiliki kewajiban untuk memberikan layanan kepada setiap warga negara dalam memenuhi hak dan kebutuhannya.

Pemenuhan kebutuhan publik ini sekaligus menjadi bagian penting dari upaya membangun persepsi atau kepercayaan masyarakat kepada pemerintah. Sehingga dalam penyelenggaraannya harus dilakukan seiring dengan meningkatnya harapan dan tuntutan publik di mana kepuasan masyarakat sebagai indikatornya.

“ Di era masyarakat digital, penggunaan teknologi informasi bahkan artifisial intelijen, telah mendistrupsi hampir semua sektor kehidupan. Seperti diperdagangan melalui platform lokapasar dan teknologi finansial. Juga diperbankan modern dengan pelayanannya yang ramah, ruang tunggu yang nyaman, toiletnya yang bersih dan harum, disamping sistem layanan perbankannya juga sudah terintegrasi dengan BI dan data kependudukan dan lainnya yang sangat memudahkan pelayanan pada customer. Layanan di sektor swasta inilah yang kemudian menjadi ukuran pembanding kita untuk menghadirkan layanan yang kurang lebih sama memuaskannya,” ujar Umi.

Sementara itu Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DMPTSP) Kabupaten Tegal Tien Mei Antiyas menjelaskan, MPP ini merupakan perwujudan program pertama dari 9 program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Tegal yang disampaikan sebagai janji dan komitmen politik saat kampanye dulu.

MPP berdasarkan Permen PANRB Nomor 23 tahun 2017 adalah tempat berlangsungnya kegiatan atau aktivitas penyelenggaraan pelayanan publik atas barang, jasa dan/atau pelayanan administrasi yang merupakan perluasan fungsi pelayanan terpadu baik pusat maupun daerah, serta pelayanan Badan Usaha Milik Negara/Badan Usaha Milik Daerah dan Swasta dalam rangka menyediakan pelayanan yang cepat, mudah, terjangkau, aman dan nyaman.

 Dengan adanya MPP, pemerintah telah menyediakan layanan one stop service yang mana berbagai administrasi masyarakat dapat dilayani di satu tempat.

 

“ Program unggulan bupati tegal dan wakilnya adalah memberikan kemudahan, kecepatan kerja, jangkauan, keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan bapak ibu yang kami hormati. Selain itu, untuk meningkatkan daya saing global dalam memberikan kemudahan berusaha di Indonesia khususnya di Kabupaten pegang,” tutur Tien Mei Antiyas.

Disampaikan pula dalam laporannya, nama dan logo Satya Dahayu diperoleh dari hasil lomba yang diikuti oleh elemen masyarakat Kabupaten tegal dan juara pertama di jadikan sebagai nama Mal Pelayanan Publik Kabupaten Tegal yaitu Satya Dahayu.(hid/Kus)

Penulis/Pewarta: Red
Editor: A.Wahidin
© sinarpaginews.com 2023