Latgab TNI Tinjau Medan di Dabo Singkep Semakin Sempurna

TNI/Polri - Rabu, 10 Mei 2023

230510072203-latga.jpg

Foto : Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM, KEPRI - Kegiatan Latihan Gabungan TNI (Latgab) untuk wilayah Kogabwilhan I memasuki hari kedua. Tinjau Medan (Jaumed) adalah untuk melengkapi dan menyempurnakan yang belum sempurna dari hari pertama. Jaumed tersebut sebagian besar berlangsung masih sekitar Lanud dan Pusat Latihan Tempur Marinir Dabo Singkep, Kepulauan Riau (Kepri) pada Selasa (9/5/2023).

Rombongan Jaumed yang dipimpin oleh Brigjen TNI Setio Budi beserta Staf bukan hanya Jaumed tapi juga memanfaatkan waktu untuk koordinasi dan silaturahmi dengan Polres Lingga Dabo Singkep dan Kepala Desa Batu Berdaun, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga.

Kunjungan ke Polres Lingga disambut langsung oleh Kapolres AKBP Fadli. Brigjen TNI Setio Budi menyampaikan bahwa selaku TNI tentunya perlu kerjasama dalam menyukseskan Latgab TNI mendatang. Sebab Polisi yang berhubungan langsung dengan masyarakat maka perlu untuk sosialisai terkait masalah sosial. Sebab masalah sosial sangat erat hubungannya dengan Latgab TNI untuk dimasukan dalam masalah Analisa Daerah Operasi (ADO). Sehingga dalam latihan nanti masyarakat tadak kena imbas negatifnya.

Selain ke Polres Lingga, Tim Tinjau Medan juga mengunjungi Kepala Desa Batu Berdaun. Kunjungan ke Kepala Desa itu mengharapkan masyarakat sekitarnya ikut mendukung dan membantu TNI dalam menyukseskan Latgab TNI yang akan datang.

Jaumed pada hari kedua masing-masing bagian sudah mendapat gambaran secara menyeluruh tentang kondisi medan sesungguhnya. Pengecekan jalan pendekat dan rute dilalui dipastikan aman. Begitu juga kedudukan posko-posko Satgas lainnya sudah mendapatkan kepastian kedudukannya di Puslatpur Marinir 9 Dabo Singkep.

Puslatpur Marinir memiliki keunggulan karena areanya luas dan memiliki sejumlah fasilitas memadai dalam mendukung suksesnya Latgab TNI. Termasuk kedudukan Media Center Penerangan dan Wartawan perlu sinergi dengan Satgas lain agar memudahkan koordinasi dan pergerakan Tim Liput dan Wartawan dalam melakukukan tugasnya secara baik.

Perlu diketahui bahwa Latgab TNI 2023 direncanakan di tiga tempat berbeda. Tempat latihan pertama untuk Kogabwilhan I dipusatkan di daerah Latihan Tempur Marinir 9 Dabo Singkep Kepri. Kemudian Latgab TNI di Kogabwilhan II dipusatkan di Puslatpur Marinir Asembagus Baluran, Situbondo, Jawa Timur. Sedangkan untuk Latgab TNI di Kogabwihan III dipusatkan Morotai, Maluku Utara.

Penulis/Pewarta: Supardiansah
Editor: Red
© sinarpaginews.com 2023