Arsip Digital, Memudahkan Kordinasi Antar Lembaga

Polkum - Kamis, 31 Agustus 2023

230831180457-arsip.jpg

Foto : Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, BREBES - Diterapkannya aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) dapat mendukung pengelolaan arsip dan tata kelola arsip pemerintahan berbasis elektronik. Dengan target pengguna yaitu seluruh instansi pusat dan pemerintah daerah. 

“Dengan diterapkannya aplikasi Srikandi memberikan manfaat bagi birokrasi, meningkatkan kualitas dan akuntabilitas dalam kearsipan serta menjadi memori kolektif bangsa karena pengelolaan informasi berbasis digital dapat terekam dengan baik dan memudahkan koordinasi antar pemerintah,” kata Penjabat Bupati Brebes Urip Sihabudin SH MH saat membuka Monitoring dan Evaluasi Implementasi Aplikasi Srikandi serta Sosialisasi Gerakan Tertib Arsip dan Sejarah Desa di Aula Lantai 5 Kantor Pemerintahan Terpadu Brebes, Rabu (30/8/2023). 

Hadir sebagai narasumber, Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Imam Gunarto. Kemudian, Anggota Komisi II DPR RI Agung Widyantoro. Direktur Kearsipan Daerah II Suminarsih. Kegiatan tersebut, difasilitasi Biro Umum ANRI dengan menggelar menggelar Rapat Evaluasi Penggunaan dan implementasi Aplikasi SRIKANDI (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi).

Dengan Srikandi, kata Urip, mengajarkan kedisiplinan mulai dari kesiapan membuat konsep surat-menyurat sampai dengan tanda tangan hingga terkirim akan terekam semua. Oleh karena itu, pada seluruh OPD, Camat, Kepala Desa serta Lurah semuanya harus menggunakan sistem aplikasi Srikandi. 

“Bila seluruh sistem yang ada di aplikasi Srikandi kita pakai, surat-surat tidak akan bertebaran di meja kerja. juga bisa ter disposisi di manapun dan kapanpun,” kata Urip.

Urip menandaskan, kepada Kepala Desa mencermati perlunya gerakan tertib arsip dan sejarah desa untuk dilakukan, mengingat desa memiliki beberapa urgensi karena desa menjadai ujung tombak pembangunan dan layanan publik. 

Plh Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Imam Gunarto mengatakan, desa yang tertib dalam pengelolaan arsip, dapat tercipta memori desa, sehingga dapat memperpanjang ingatan dan sejarah desa. 

Menurut Imam, negara hadir untuk rakyatnya dimulai pada penyelenggaraan layanan publik di desa, sehingga arsip yang tercipta dari kegiatan pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan di desa perlu dikelola dengan baik. 

“Gerakan ini juga tidak hanya digencarkan oleh ANRI dan KDPDTT, tetapi dapat menjadi program bersama dengan Lembaga Kearsipan Daerah (LKD), baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota,” terang Imam.

Ditambahkan Imam, dengan adanya desa yang tertib dalam pengelolaan arsip desa tangguh bencana dapat penyelamatan pelindungan arsip dari bencana. 

Anggota Komisi II DPR RI Agung Widyantoro menyebut masih banyak persoalan terkait tata kelola administrasi instansi pemerintah yang belum tertib. Bahkan, pemanfaatan aplikasi SRIKANDI harapannya menjadi solusi dari masalah-masalah yang sudah diidentifikasi. Termasuk, mengaktualisasikan solusi dan mendorong semua OPD dan Pemerintahan Desa menggunakan aplikasi SRIKANDI. 

"Aplikasi SRIKANDI, bertujuan menjalankan operasionalisasi, pemeliharaan, dan pengembangan dalam penyusunan hingga pemberkasan arsip. Sehingga, semua penggunaan aplikasi SRIKANDI diharapkan dapat meningkatkan kualitas penerapan aplikasi ini di lingkungan Pemkab hingga Pemerintahan Desa agar tertib administrasi," jelasnya.

Pemerintah pusat hingga daerah, lanjut Agung, punya kebijakan untuk menata persoalan kearsipan secara menyeluruh. Termasuk, hingga tingkat pemerintah desa karena kewajiban mendokumentasikan seluruh arsip dan administrasi lebih terkelola dengan baik. Mekanismenya, tertib administrasi kemudian menyatukan catatan-catatan sejarah kita dari desa, kemudian kita tata semuanya melalui aplikasi SRIKANDI ini.

Turut hadir dalam acara tersebut, Plh. Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Drs Imam Gunarto M Hum, Anggota Komisi II DPR RI Agung Widyantoro SH MSi selaku narasumber, Direktur Kearsipan Daerah II Suminarsih, Staf Ahli Bupati Brebes, Asisten Sekda, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Brebes, Camat, Kepala Desa dan Lurah se Kabupaten Brebes, serta tamu undangan lainnya.(hid/hms).

Penulis/Pewarta: Red
Editor: A.Wahidin
© sinarpaginews.com 2023