Wimnus Jateng Tanamkan Jiwa Enterpreneur Remaja Brebes

Polkum - Minggu, 3 September 2023

230903133536-wimnu.jpg

Foto : Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, BREBES - Sebagai salah satu elemen penting dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi, komunitas Wirausaha Muda Nusantara (Wimnus) Jawa Tengah perlu merangkul generasi muda Brebes untuk menjadi enterpeneur. Sebab pengusaha merupakan pilar ekonomi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagaimana yang terlihat dalam perkembangan negara-negara maju. Karena itu, Wimnus diharapkan terus berperan aktif, sekaligus menjadi mitra pemerintah dalam menciptakan lapangan kerja, serta membangun ekonomi daerah.

Demikian kata Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin SH MH sebagimana disampaikan Staf Ahli Bupati bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Moh Furqon Amperawan saat membuka Seminar Nasional Enterpreneur dan Pemuda Mandiri di Islamic Center, Brebes, Sabtu (2/9/2023).

“Rangkul, ajak, semangati generasi muda Brebes agar memiliki jiwa enterpreneur demi masa depan yang lebih baik,” ajak Furqon.

Furqon percaya, para pengusaha muda yang tergabung dalam wadah Wimnus memiliki jaringan, pengetahuan dan modal yang kuat. Utamanya modal semangat berusaha menjadi enterpreneur sejati. Untuk itu, agar memanfaatkan segenap potensi yang dimilikinya untuk membantu memajukan generasi muda, masyarakat dan khususnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Mengingat UMKM sebagai usaha penopang ekonomi kerakyatan yang tengah tumbuh pesat dan menggeliat saat ini.

Pemkab juga menaruh harapan besar, agar Wimnus yang menjadi organisasi mandiri, bisa menjadi wadah pembinaan kreatifitas dan inovasi para pengusaha, serta dapat mengembangkan kerja sama yang sinergis, seimbang dan selaras. Sehingga pengusaha muda kita mempunyai daya saing yang tak kalah dengan daerah lain.

“Kontribusi Wimnus sangat dinantikan bagi masyarakat, terutama kepada generasi muda dalam pengembangan kewirausahaan, maupun dalam mencetak entrepreneur muda,” tandas Furqon.

Furqon berharap, Wimnus menjadi tempat untuk meningkatkan kualitas SDM anggota, menumbuhkan enterpreneur muda yang energik dan kreatif, serta bisa berpengaruh pada kemajuan perekonomian. Juga bisa menjadi salah satu laboratorium lahirnya pengusaha muda. Menularkan virus baik kepada generasi muda Brebes untuk menjadi pengusaha muda yang handal. 

“Terlebih Kabupaten Brebes dengan jumlah penduduk terbanyak di Jawa Tengah, lebih kurang 2 juta jiwa, tentu menyimpan potensi serta bakat besar di bidang wirausaha,” pungkasnya.

Ketua DPD Wimnus Jateng Slamet Muridan menjelaskan, tujuan seminar sebagai upaya recovery next normal bagi pelajar dan pemuda Brebes supaya mandiri, mampu berorganisasi, lebih produktif dan mau berwirausaha serta bersemangat melanjutkan kuliah. 

Seminar diikuti 1100 peserta perwakilan dari pelajar SMA, SMK, MA, Mahasiswa dan pemuda Brebres. Sebagai narasumber enterpreneur nasional Syafii Efendi MM yang juga ketua Satgas Anti Narkoba Nasional dan Presiden Organisasi Kepemudaan Islam Indonesia.

Dalam ceramahnya Syafii antara lain mengungkit pentingnya ikhtiar agar hidupnya tidak ambyar. Kadang angan-angan lebih tinggi ketimbang kenyataan hidup yang harus dijalani. Untuk itu, perlu dilakukan langkah strategis untuk bisa meraih mimpi. Karena mimpi bukanlah dosa.(hid/was)

Penulis/Pewarta: Red
Editor: A.Wahidin
© sinarpaginews.com 2023