Pemkot Ajak Insan Olahraga Cintai Lingkungan

Polkum - Kamis, 14 September 2023

230914135523-pemko.jpg

Foto : Red

SINARPAGINEWS.COM, KOTA BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengajak seluruh insan olahraga di Kota Bandung untuk bersama menjaga dan mencintai lingkungan dengan melaksanakan Kang Pisman (Kurangi, Pisahkan, Manfaatkan) Sampah.

Hal tersebut diungkapkan Plh Wali Kota Bandung, Ema Sumarna saat Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-40 Tingkat Kota Bandung Tahun 2023 di Plaza Balai Kota Bandung, 14 September 2023.

"Saya juga ucapkan terima kasih kepada insan olahraga yang telah bersama berkiprah dalam upaya menangani persoalan kita bersama saat ini kita sedang menghadapi darurat sampah," kata Ema.

Saat ini Kota Bandung sedang menghadapi darurat sampah imbas dari belum normalnya operasional TPA Sarimukti.

Untuk itu, Ema pun mengajak seluruh elemen tak terkecuali insan olahraga di Kota Bandung untuk bersama menjaga lingkungan dan menangani permasalahan sampah.

Hal ini sejalan dengan tema peringatan Haornas Tingkat Kota Bandung tahun 2023 yakni Gelanggang Semangat Pemenang Sehat Ragaku Bersih Lingkunganku.

"Tema kali ini berkorelasi dengan apa yang sedang dan akan terus kita lakukan. Mudah-mudahan Allah selalu memberikan kemudahan dan kelancaran terutama kekompakan kita ketabahan untuk bisa menyelesaikan persoalan yang sama-sama sedang kita hadapi," kata Ema.

Dalam kesempatan yang sama, Pemkot Bandung pun memberikan penghargaan dan apresiasi kepada para atlet dan pelatih berprestasi, yakni:

1. Pemberian bantuan kepada atlet dan pelatih berupa satu program bantuan kepada Koni Kota Bandung yaitu berupa fasilitas latihan cabang olahraga khusus.

2. Pemberian uang motivasi kepada atlet dan pelatih Peparnas 2024 Komite Paralimpiade Nasional Indonesia Kota Bandung

3. Pemberian penghargaan kepada atlet dan pelatih pada kegiatan Pekan Special Olympic (PeSONas) 2023 Kontingen Special Olympics Indonesia (SOIna) Kota Bandung

4. Pemberian bantuan kepada petugas kebersihan yang bertugas di area sekitar kantor Walikota yaitu di Kelurahan Babakan Ciamis kemudian Kelurahan Braga dan sekitar kantor Dispora yaitu petugas kebersihan di Kelurahan Lebak Gede seluruhnya jumlahnya 30 paket.

5. Pemberian 20 paket sembako kepada insan olahraga yang secara perekonomiannya tidak mampu.

"Mudah mudahan ini menjadi motivasi untuk meningkatkan prestasi olahraga di Kota Bandung," ujar Ema.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung, Edi Marwoto mengatakan peringatan Haornas adalah momentum untuk memperingati sejarah olahraga Nasional yang mencerminkan pentingnya olahraga menjadi gaya hidup bangsa Indonesia dalam rangka mencapai prestasi nasional maupun internasional.

Pemkot Bandung, kata Edi, terus berkomitmen terhadap keberlangsungan dan pembinaan olahraga di kota Bandung sehingga bisa melahirkan atlet-atlet untuk mewakili di event nasional maupun internasional.

"Pemkot Bandung bersama DPRD kota Bandung berkomitmen dalam memberikan penghargaan kepada atlet pelatih dan official dalam bentuk bonus atau kadedeuh kepada atlet yang telah berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional," ujarnya.

Sebagai informasi, kegiatan tersebut juga dihadiri Forkopimda, Ketua dan Wakil Ketua 2 DPRD Kota Bandung, para Asisten, kepala OPD dan Camat se-Kota Bandung

Serta dihadiri seluruh insan olahraga Kota Bandung di antaranya NPCI, Special Olympic Kota Bandung SoINA, KONI Kota Bandung, KORMI, IPSI, KPOTI, dan PPLPD. 

Penulis/Pewarta: Deny Yanto
Editor: Red
© sinarpaginews.com 2023