Antusias Ribuan Masyarakat Pesisir Ikuti Pesta Adat Nadran Nelayan Glayem Juntinyuat

Ragam - Senin, 13 November 2023

231113154222-antus.jpeg

Foto : Haris Rojangi

SINARPAGINEWS.COM, INDRAMAYU – Ribuan masyarakat pesisir pantai glayem antusias ramaikan acara tradisi dan budaya Adat Pesta Laut Nadran “Glayem” yang diselenggarakan oleh KUD Sri Mina Sari. Blok Glayem, Desa Juntinyuat, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu. Rabu (8/11/2023)

Panitia pelaksana yang juga Manager Umum KUD Sri Mina Sari Juntinyuat, Dedi Aryanto menuturkan, tradisi pesta laut dengan mengusung tema “Menjaga Tradisi sebagai warisan budaya Indonesia” ini merupakan kegiatan adat tradisi budaya nelayan. Dimana sebelumnya, mereka sengaja mengumpulkan sebagian penghasilannya, hanya untuk menggelar pesta laut itu sukses dilaksanakan.

"Pesta laut ini merupakan bentuk dari ucapan syukur para nelayan kepada Sang Pemilik Alam atas melimpahnya hasil tangkapan ikan," ujar Dedi kepada wartawan.

Sambung Dedi, kegiatan sukses dilaksanakan dengan berbagai acara hiburan, Ngarak atau Larung Kepala Kerbau, serta pertunjukan Seni Sandiwara dan Wayang Kulit yang digelar di Pesisir Pantai Glayem.

“Alhamdulillah acaranya berjalan baik dan kondusif, ada acara Pelarungan miniatur kapal yang di ikuti oleh semua nelayan kami, kemudian pagelaran seni Hiburan Sandiwara dan Wayang, termasuk juga kita adakan kegiatan Turnamen Bola Volly.”terang Dedi.

Selain itu, dalam acara ini sekaligus dilaksanakan pemberian hadiah terhadap nelayan yang berhasil melakukan produksi ikan tertinggi pada tahun 2021 dan 2022 di TPI Glayem, ia pun berharap agar nelayan tetap diberikan keselamatan dalam berusaha, sukses, hasil tangkapannya "along", dan usahanya diberikan keberkahan.

“Ada juga acara pemberian hadiah pada nelayan kami dengan katagori produksi tertinggi yang lelang di TPI Glayem Juntinyuat, kami berharap nelayan di berikan keselamatan dalam usahanya, Pada along, dan berkah, Aamin.” tandasnya.

Pantauan dilokasi, selain dari pihak kepantiaan dalam mengamankan jalannya acara, turut melibatkan keamanan tingkat daerah yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Juntinyuat, IPTU Dedi Wahyudi, S.H., bekerjasama dengan personel pengamanan, anggota Polsek Juntinyuat, Sat Polairud Polres Indramayu, Polairud Polda Jabar, Koramil Juntinyuat, dan Pol PP Juntinyuat.

Penulis/Pewarta: Haris Rojangi
Editor: Haris Rojangi
© sinarpaginews.com 2023