Pangkoarmada RI Saksikan Kompetisi Altileri TNI Angkatan Laut

TNI/Polri - Minggu, 19 November 2023

231119133842-pangk.jpg

Foto : Aa-b

SINARPAGINEWS.COM, JAKARTA - Panglima Komando Koarmada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) Laksdya TNI Heru Kusmanto menyaksikan Kompetisi Artileri jajaran Koarmada RI, yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali dari atas KRI Raden Eddy Martadinata-331, yang berlayar di sekitar Pulau Gundul, Utara Semarang. Jumat 17 November 2023.

Kegiatan yang digelar TNI Angkatan Laut ini, dalam rangka untuk terus mengasah profesionalisme prajurit Jalasena TNI Angkatan Laut pada aspek operasi, serta meningkatkan kemampuan unsur dalam melaksanakan taktik pertempuran Anti Kapal Permukaan dan Anti Udara.

Kompetisi artileri ini merupakan bagian dari latihan Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) Tingkat-III, jajaran Koarmada TNI AL. Latihan ini juga melibatkan berbagai jenis unsur dari mulai Kapal Kombatan, Kapal Angkut Personel, Kapal Amfibi, serta unsur udara TNI AL.

Sedangkan Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) digelar tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan taktis di bidang peperangan Elektronika, Anti Kapal Permukaan, Anti Kapal Selam, Peperangan Pertahanan Udara, dan Operasi Pendaratan Amfibi, serta meningkatkan kerjasama taktis antar unsur dalam melaksanakan operasi tempur laut, dan meningkatkan kemampuan unsur dalam taktik pertempuran.

Pada tahap manuver lapangan, selain melaksanakan Kompetisi Artileri di Pulau Gundul, dalam serial latihan ini juga akan dilaksanakan pendaratan Amfibi di Pantai Banongan, Jawa Timur oleh Pasukan Marinir TNI AL pada 18 November 2023.

Dalam berbagai kesempatan Kasal Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali telah menegaskan bahwa, TNI AL terus memfokuskan diri untuk mencapai kekuatan yang siap dioperasionalkan dalam bentuk kesiagaan dan kesiapan yang tinggi. “Modernisasi dan pemeliharaan serta perawatan Alutsista harus memiliki hasil nyata yakni Alutsista yang siap dioperasionalkan dan siap digelar sesuai kebutuhan operasi”, tandasnya.

Selain itu kompetisi altelleri ini juga menjadi bagian dari rangkaian kegiatan Binsat dalam rangka peringatan Hari Armada tanggal 5 Desember Tahun 2023.

Penulis/Pewarta: Aa-b
Editor: Aa-b
© sinarpaginews.com 2023