Ratusan Mahasiswa FTIK UPS Diberi Materi dan Pengarahan Penerjunan KKL dan Magang

Pendidikan - Kamis, 18 Januari 2024

240118120001-ratus.jpg

Foto : A.Wahidin

Ket.foto:( Dekan FTIK UPS Dr. Agus Wibowo tengah memberi materi dan arahan kepada mahasiswanya)

SINARPAGINEWS.COM, TEGAL - Sebanyak 136 mahasiswa Fakiltas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) Universitas Pancasakti Tegal (UPS) mendapatkan pembekalan wawasan dan Pengarahan sebelum mereka melakukan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) dan Magang (MBKM) di perusahaan. Acara pengarahan diberikan secara langsung oleh Dekan FTIK UPS Dr. Agus Wibowo, MT dan beliau juga membuka kegiatan penerjunan mahasiswa KKL dan Magang.

Kegiatan pemberian materi dan pengarahan dilakukan di lantai 2 gedung Fakultas pada Kamis 18 Januari 2024.

Dalam pembekalan wawasan, Dekan memberikan gambaran umum tentang KKL dan magang, tujuan pelaksanaan KKL dan magang hingga pada mata kuliah wajib yang harus diambil.

Adapun selain dekan yang memberikan materi, juga para Ka.prodi yang secara langsung memberikan tambahan materi kepada mahasiswa.

Usai pengarahan kepada mahasiswa, Dekan FTIK UPS mengatakan, dari sebanyak 136 mahasiswa FTIK, mereka diantaranya, dari teknik mesin sebanyak 53 mahasiswa, dari teknik industri 37 mahasiswa, dari teknik Informatika sebanyak 46 mahasiswa.

Diperoleh informasi, mereka akan diterjunkan ke dunia industri mulai ahir januari 2024 selama dua bulan untuk mahasiswa KKL. Sementara untuk magang bisa 6 bulan diperusahaan. Mereka yang mengikuti program KKL dan Magang adalah mahasiswa yang sudah semester 5, itu artinya untuk pelaksanaan masuk semester 6.

Ada beberapa perusahaan yang menjadi tempat KKL dan magang yakni industri industri di pekalongan, PT. PAL Semarang, PJKA Tegal, PT. Barata Tegal dan perusahaan lainnya bahkan sampai perusahaan luar negeri. Sementara untuk magang diluar negeri di China 7 orang dan 2 orang di jepang untuk pemberangkatan magang sekitar Agustus 2024.

Dekan berharap, semua mahasiswa yang mengikuti baik KKL ataupun magang, diharapkan mendapatkan banyak pengalaman ilmunya di perusahaan, dimana nanti dapat dikolaborasikan antara ilmu yang diperoleh dari perkuliahan bisa diaplikasikan ke dunia industri.

Untuk mengevaluasi kegiatan mahasiswa disana saat KKL dan magang, dosen pembimbing akan selalu memonitoring. Dimana nantinya juga, setelah selesai KKL dan magang, mahasiswa diharuskan membuat laporan dan diuji oleh Dosen Pembimbing Lapangan.(DPL).(hid/spn).

Penulis/Pewarta: A.Wahidin
Editor: A.Wahidin
© sinarpaginews.com 2024