Luncurkan Scada, Tirta Baribis Sediakan Puluhan Hadiah

Ekonomi - Rabu, 17 April 2024

240417131331-luncu.jpg

Foto : Dok Humas


SINARPAGINEWS.COM, BREBES- Memasuki usia 32 Tahun, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Baribis Brebes terus berinovasi untuk memberikan kenyamanan dan kepuasan pelayanan kepada pelanggan. Inovasi yang diciptakan kali ini dengan meluncurkan Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA) pada 30 April 2024 mendatang.


Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Baribis Agus Isyono SE MM menjelaskan, SCADA merupakan sebuah sistem yang mengawasi dan mengendalikan peralatan proses yang tersebar secara geografis jaringan perpipaan. Sistem ini bisa memantau secara langsung sistem jaringan perpipaan. Di samping memudahkan dalam operasi dan pemantauan, salah satu tujuan system SCADA adalah untuk mengetahui terjadinya kebooran air sehingga petugas dapat cepat tanggap untuk mengatasinya. 


“SCADA akan dipantau melalui Command Centre Perumdam Tirta Baribis yang tidak hanya memonitor debit air, tetapi juga akan memantau pengaduan dari pelanggan, efisiensi penagihan, dan penilaian kinerja Perusahaan,” papar Agus Isyono di ruang kerjanya, Rabu (17/4/2024). 


Lanjut Agus, di Hari Ulang Tahun ke-32 sekaligus sebagai bentuk penghargaan kepada pelanggan yang pembayaran rekening tiap bulannya lancar dan tidak pernah nunggak di tahun 2023 akan diberikan hadiah. Hadiah yang disediakan sebanyak 32 item yakni: 3 Unit Motor Listrik, 3 TV 32 Inch, 3 Mesin Cuci 2 tabung, 3 Kulkas 1 pintu, 10 Hp Android, dan 10 Kipas angin. 


“Pelaksanaan undian pada tanggal 30 April 2024 sekaligus Launching SCADA di Aula Perumdam Tirta Baribis dan disiarkan langsung Channel Youtube Humas TV Brebes,” ungkapnya. 


Tirta Baribis, lanjutnya, dalam perjalanan waktu selama 32 banyak penghargaan yang diraihnya antara lain BUMD Awards sebanyak 7 kali dari 9 kali penyelenggaraan. Dan untuk level 5 sudah dua kali. Kemudian meraih kinerja terbaik ke-4 tingkat provinsi Jateng dan kinerja terbaik ke 17 tingkat nasional dari Persatuan Perusahaan Air Minum Se Indonesia (Perpamsi).


Selain itu, salah satu keberhasilan Perumda Tirta Baribis Kabupaten Brebes yaitu mampu meningkatkan cakupan layanan dengan melakukan sejumlah terobosan dan inovasi. Berdiri sejak tahun 1992, Tirta Baribis telah melayani lebih dari 3 dekade dalam memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat Kabupaten Brebes.


Di tahun 2024 ini, lanjut Agus, bertekad meningkatkan produksi air dengan relokasi Sumber Air Tuk Uleng Sirampog dan Pembangunan SPAM Bendung Kuningan yang keduanya bisa memproduksi air 200 liter/detik.


“Sesuai dengan filosofis BARIBIS yaitu; Bersih, Adaptasi, Ramah, Integritas, Bijak, Intelektual dan Sehat, kami bertekad memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan,” pungkas Agus. (Hid/was)

Penulis/Pewarta: Red
Editor: A.Wahidin
© sinarpaginews.com 2024