Lebanon Dibombardir Israel, Begini Respons Negara-Negara Arab

Dunia - Rabu, 25 September 2024

240925060644-leban.jpg

Foto : Red

SINARPAGINEWS.COM, UNI EMIRAT ARAB - Negara-negara Arab, menunjukkan solidaritasnya atas pemerintah dan rakyat Lebanon, dalam menghadapi ketegangan yang terus meningkat dengan Israel.

Kementerian Luar Negeri Uni Emirat Arab, Selasa (24/9/2024) menyampaikan kekhawatiran mendalam atas serangan Israel, ke selatan Lebanon, dan mengumumkan, "Berlanjutnya ketegangan dan dampak-dampaknya, akan berpengaruh pada keamanan dan stabilitas di kawasan."

Kemlu UEA, mendesak upaya koordinatif masyarakat internasional untuk menghentikan perang dan mencegah penumpahan darah serta dukungan penuh atas warga sipil sesuai aturan dan konvensi internasional.

Sementara itu Kemlu Qatar mengecam serangan Israel, ke Lebanon, dan memperingatkan kemungkinan meluasnya area kekerasan di kawasan, dan penyimpangannya ke arah perang regional total dengan memperhatikan berlanjutnya perang di Jalur Gaza.

Kemlu Qatar meminta masyarakat internasional untuk melakukan tindakan segera dan menjalankan tanggung jawabnya untuk memaksa pemerintah Rezim Zionis, menghentikan serangan ke Lebanon.

Di sisi lain, Kemlu Arab Saudi, menyampaikan kekhawatiran mendalam atas situasi keamanan di Lebanon, dan memperingatkan bahaya luas kekerasan di kawasan Asia Barat.

Pada saat yang sama, pemerintah Riyadh, menekankan pentingnya menjaga stabilitas di Lebanon, dan menghormati kedaulatan negara itu sesuai dengan hukum internasional.

Senada dengan hal itu, Kemlu Mesir, mengecam serangan-serangan yang dilakukan Israel, ke Lebanon, dan menekankan penghentian agresi militer Israel, ke negara itu.

Kemlu Suriah, juga mengecam serangan Israel, ke Lebanon, dan mengumumkan, jika tidak ada payung dukungan Amerika Serikat, atas Israel, dan kerja sama negara ini atas Rezim Zionis, maka serangan ke Lebanon, tidak akan pernah terjadi. (HS)

Penulis/Pewarta: Red
Editor: Red
© sinarpaginews.com 2024