869 Mahasiswa UPS Diwisuda Dilaksanakan Dua Sesi, Rektor Umumkan Kabar Bahagia UPS Akreditasi "Unggu

Pendidikan - Sabtu, 28 September 2024

240928155902-869-m.jpg

Foto : A.Wahidin

Ket.foto:( ratusan wisudawan)

SINARPAGINEWS.COM, TEGAL - Universitas Pancasakti Tegal (UPS) menggelar sidang senat terbuka dalam rangka Wisuda Magister ke 17, Sarjana ke 72 dan Diploma Tiga ke 46 Periode Genap 2023/2024.

Acara berlangsung di gedung auditorium kampus 1 UPS jalan Halmahera KM 1 Tegal, Sabtu (28/9/2024).

Prosesi wisuda tingkat universitas ini diikuti total sebanyak 869 wisudawan dari 6 fakultas dan Pascasarjana UPS. Acara dilaksanakan dua sesi yakni pagi dan siang. Pagi ini, prosesi wisuda diikuti sebanyak 436 wisudawan dari program Pascasarjana dan FEB UPS.

Rektor UPS Dr. Taufiqulloh, MHum menyampaikan selamat dan sukses kepada sebanyak 869 wisudawan. 869 lulusan Universitas Pancasakti Tegal yang terdiri dari 767 lulusan sarjana, 92 lulusan program magister dan 10 lulusan jenjang diploma, pada hari ini resmi menyandang gelar akademik dan siap melangkah menuju tantangan berikutnya dalam kehidupan dan karier.

" Saya yakin, perjalanan panjang yang kalian tempuh selama ini, baik secara akademik maupun non-akademik, telah membentuk kalian menjadi insan yang tangguh, berintegritas, dan berdaya saing tinggi." Ungkapnya.

Tema wisuda kita pada hari ini, "Generasi Unggul Menuju Indonesia Maju dan Berdaya Saing Global," bukanlah sekadar slogan. Tema ini adalah sebuah panggilan bagi kita semua, khususnya bagi para lulusan Universitas Pancasakti Tegal, untuk mengambil peran aktif dalam membangun bangsa.

Pada kesempatan ini, ijinkan saya untuk mengumumkan kabar bahagia tidak hanya untuk segenap sivitas akademika Universitas Pancasakti Tegal saja, namun juga untuk para orang tua wisudawan dan keluarga.

 Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No. 13888/SK/BAN-PT/Ak/PT/VII/2024, menyatakan bahwa Universitas Pancasakti Tegal meraih predikat Akreditasi Unggul. Status "unggul" menunjukkan bahwa perguruan tinggi tersebut telah mencapai tingkat kualitas pendidikan yang baik dalam aspek kurikulum, tenaga pengajar, fasilitas, penelitian, dan pelayanan kepada mahasiswa.

 Di usia UPS saat ini yang telah menginjak 44 tahun, memperoleh Akreditas Unggul merupakan hadiah istimewa yang kami dapat dan kami persembahkan untuk para lulusan. 

Sementara itu, Ketua Yayasan Pendidikan Pancasakti Dr. Imawan Sugiharto, SH.,MH menyampaikan apresiasinya atas capaian UPS yang kini sudah terakreditasi Unggul. Pihaknya juga mengucap terima kasih kepada orang tua wisudawan yang sudah menitipkan putra putrinya untuk menempuh pendidikan sarjana maupun magister di UPS.

Saat ini Universitas Pancasakti Tegal telah meraih status Akreditasi Unggul, suatu capaian tingkat akreditasi tertinggi secara nasional bagi suatu Perguruan Tinggi. Di Jawa Tengah baru ada sekitar 10 PTN-PTS yang sudah Terakreditasi Unggul dan di wilayah pantura bagian barat baru Universitas Pancasakti Tegal yang terakreditasi unggul, baru disusul oleh UINegeri Pekalongan beberapa minggu yang lalu. 

Selain sebagai suatu penjaminan mutu, Akreditasi Unggul menjadi kunci pembuka bagi Perguruan Tinggi di Pulau Jawa untuk diijinkan membuka Program Studi Kedokteran. Untuk itu perlu saya sampaikan bahwa upaya perolehan ijin pembukaan Program Studi dan Fakultas Kedokteran Universitas Pancasakti Tegal saat ini masih terus berproses. Dua rekomendasi pembukaan Prodi Kedokteran dari Kementerian Kesehatan dan Konsil Kedokteran Indonesia sebagai salah satu persyaratan utama alhamdulillaah sudah kami dapatkan.

Kepala LLDikti Wilayah VI Jateng Dr. Bimo Widyo Andoko, S.H.,M.H menyampaikan selamat dan sukses kepada seluruh wisudawan yang hari ini melaksanakan prosesi wisuda. 

" Hari ini kalian sudah mendapatkan gelar sarjana dan semoga gelar dan ilmunya berguna dan bermanfaat," Katanya.

Dirinya juga meminta kepada wisudawan untuk menjadi pribadi yang berkarakter dan teruslah berjuang. Kepada UPS, dirinya menyampaikan apresiasinya atas pelaksanaan kegiatan wisuda kali ini.

Acara prosesi wisuda UPS Tegal dihadiri, Jajaran Yayasan, Rektorat, Seluruh Dekan dan Dosen serta karyawan dilingkungan UPS, Ratusan orang tua wisudawan, ratusan wisudawandan tamu undangan.(Hid/spn).

Penulis/Pewarta: A.Wahidin
Editor: A.Wahidin
© sinarpaginews.com 2024