Jalur Rempah Diusulkan Jadi Warisan Budaya Dunia, Sosialisasi Digencarkan Ke Daerah daerah

Polkum - Kamis, 10 Oktober 2024

241010200712-jalur.jpg

Ket.foto:( berfoto bersama peserta seminar kebudayaan)

SINARPAGINEWS.COM, TEGAL - Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dapil IX Jateng Dr. Abdul Fikri Faqih bersama Kemendikbudristek RI menggelar seminar kebudayaan Pengaruh Jalur Rempah di pesisir utara Jawa diikuti puluhan peserta dari berbagai komunitas hingga kalangan guru di Tegal. Kegiatan seminar berlangsung di Hotel Premiere Kota Tegal, Kamis (10/10/2024).

Dalam kesempatan itu, Fikri Faqih secara langsung membuka acara seminar kebudayaan tersebut, beliau mengatakan bahwa sosialisasi ini menjadi momentum penting untuk menggali potensi dan Tegal ini merupakan jalur rempah. Dikatakan, jalur rempah di pesisir utara Jawa itu meliputi Gresik, Lamongan Tuban, Pati, Demak, Tegal dan Cirebon. Karenanya, perlu upaya untuk melestarikannya sebagai warisan budaya.

Menurut Fikri, tidak semua negara mampu menghasilkan rempah. Di dunia, negara yang memproduksi rempah paling besar yakni dari Brazil, India, China, dan Indonesia.

Sementara itu, Dr. Restu Gunawan, M.Humi Direktur Pembinaan tenaga, lembaga Kebudayaan Kemendikbudristek RI mengatakan, bahwa jalur rempah itu akan diusulkan menjadi warisan budaya dunia kategori root atau jalur. Untuk mencapai itu, tentunya masyarakat harus aware atau paham. Maka itu kita datang ke daerah daerah memberikan pemahaman melalui seminar atau sosialisasi.(hid/spn).

Penulis/Pewarta: A.Wahidin
Editor: A.Wahidin
© sinarpaginews.com 2024